Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Akad Akuntansi Musyarakah dalam Kehidupan Sehari-hari

Konten [Tampil]

Contoh soal akad akuntansi musyarakah dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi pertimbangan bagi seorang akuntan meneruskan transaksi mudharabah dan murabahah. Pengertian musyarakah menurut para ahli adalah kerjasama antara pengelola usaha dan pemilik dana dengan pembagian laba rugi sesuai persentase tertentu.

Contoh akad musyarakah dalam kehidupan sehari-hari biasanya dijalankan dalam bentuk joint venture. Pembiayaan musyarakah dapat dilakukan dalam bentuk pemberian kas dan setara kas. Laba investasi mudharabah dan murabahah dibagikan sesuai tingkat partisipasi anggota sekutu ketika menjalankan usaha.

Contoh kasus pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah akan terjadi ketika seorang anggota melampirkan informasi keuangannya. Mitra aktif dan mitra pasif memiliki tanggungjawab yang berbeda ketika menjalan usaha. Ilustrasi transaksi musyarakah untuk perbankan syariah dapat menjadi peluang bisnis.

Contoh Soal Akad Akuntansi Musyarakah dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Transaksi Musyarakah dalam Bank Syariah

Pengertian akad musyarakah menurut para ahli adalah transaksi kerjasama antara pemilik dana dan pengeloa usaha untuk menjalan kegiatan bersama dimana keuntungan dan kerugian akan dibagikan sesuai kesepakatan. Laba investasi musyarakah dibagikan sesuai profit sharing dan revenue sharing yang diterima perusahaan.

Transaksi musyarakah untuk mitra aktif dan mitra pasif diberlakukan terutama mengikuti kebijakan akuntansi yang berlaku. Sistem bagi hasil di bank syariah didasarkan pada aturan yang menghindarkan dari unsur riba, kezhaliman dan kerugian atas investasi yang dilakukan oleh pengelola usaha dan pemilik dana.

Pengertian transaksi musyarakah menurut para ahli adalah bentuk kerjasama usaha dimana pemilik dana mempercayakan sejumlah dana untuk dilakukan usaha tertentu yang mendatangkan keuntungan tahun berjalan. Nasabah dapat memperoleh penghasilan bunga bank sesuai persentase tabungan dan deposito yang dimiliki.

Baca Juga: Rukun dan Syarat Akad Musyarakah

Contoh Soal Akuntansi Musyarakah dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi musyarakah dan jawabannya menjadi kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan syariah. Unsur laporan posisi keuangan syariah terdiri dari laba rugi komprehensif, catatan atas laporan keuangan, laporan dana zakat dan dana kebajikan umat yang diberikan para pengamal.

Akad musyarakah dapat dibatalkan ketika terjadi pelanggan terhadap transaksi syariah. Mitra aktif adalah pihak yang memiliki kontribusi paling banyak untuk memperoleh keuntungan terhadap usaha. Jumlah bagi hasil usaha ditentukan berdasarkan nisbah yang disepakati oleh pengelola usaha dan pemilik dana.

Contoh soal pembiayaan transaksi musyarakah terjadi pada CV Staff Accounting yang menjalankan usaha bersama dengan modal sebanyak Rp 14.000.000 dan Rp 8.000.000. Nisbah yang disepakati dengan rekan usaha adalah 7:3 dan memperoleh keuntungan sebesar Rp 5.000.000. Buatlah jurnal transaksi musyarakah yang diperlukan?

Baca Juga: Dalil Al-Quran dan Hadist Tentang Transaksi Musyarakah

Pertanyaan dan Jurnal Akuntansi Musyarakah

Pertanyaan dan jurnal akuntansi musyarakah dapat dijalankan ketika investasi telah dilakukan pengelola dana dan pemilik usaha. Penurunan nilai aktiva tetap akan mengakibatkan kerugian dan diakui sebagai beban periode berjalan sesuai biaya historis atas penilaian kembali aset tetap perusahaan.

Pertanyaan tentang transaksi akuntansi musyarakah dalam kehidupan sehari-hari berasal dari pembiayaan yang dilakukan perusahaan. Pembatalan akad musyarakah, mudharabah dan murabahah mengakibatkan adanya kewajiban tangguhan yang harus segera dilunasi oleh mitra aktif dan mitra pasif.

Cara menghitung pembiayaan musyarakah didasarkan pada nisbah yang diterima mitra pasif dan mitra aktif. Transaksi seperti apa yang biasanya menggunakan musyarakah permanen berkaitan dengan usaha seperti pendirian persekutuan dan perseroan terbatas. Adapun pembagian nisbah atau bagi hasil investasi musyarakah adalah

KeteranganPersentase Laba Usaha Nisbah
CV StaffAccounting7 Rp 5.000.000 Rp 3.500.000
Rekan Bisnis3 Rp 5.000.000 Rp 1.500.000

Contoh jurnal akuntansi musyarakah akan diselenggarakan ketika investasi disetorkan pengelola usaha dan pemilik dana. Pembagian nisbah atau bagi hasil akad syariah dikenakan pajak penghasilan pasal 21 sesuai tingkatan penghasilan yang diterima wajib pajak. Adapun jurnal pembagian nisbah bagi cv staff accounting adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
02/07/2021Bagi Hasil Investasi Musyarakah Rp 3.500.000
Kas Rp 3.500.000

Baca Juga: Penyebab Akad Musyarakah Dibatalkan

Demikian contoh soal akad akuntansi musyarakah dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi pertanyaan dan soal essay akuntansi syariah. Transaksi musyarakah untuk mitra aktif dan mitra pasif harus ketahui tanggungjawaban dan hak yang didapatkan masing-masing sekutu ketika bekerjasama.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Akad Akuntansi Musyarakah dalam Kehidupan Sehari-hari"