Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Mudharabah Muthlaqah Muqayyadah

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi mudharabah mutlaqah dan muqayyadah menjadi bagi dari materi akuntansi syariah. Akad bisnis syariah harus didasari pada ketentuan penyajian dan pengungkapan laporan keuangan syariah sebagai dasar informasi keuangan yang dilaporkan oleh pengelola modal dan pemilik dana.

Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah didasarkan pada pembagian laba berdasarkan profit sharing dan revenue sharing. Akad mudharabah adalah transaksi pemberian dana oleh pemilik dana agar dapat dipergunakan sebagai modal usaha oleh pengelola usaha untuk memperoleh keuntungan ditahun berjalan.

Contoh mudharabah mutlaqah dan mudharabah muqayyadah akan menjadi pertimbangan bagi seorang pengusaha menginvestasikan dana di bidang bisnis syariah. Hasil usaha akan dibagi berdasarkan persentase modal yang diberikan oleh pihak perbankan syariah dan pihak mitra bisnis syariah.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Mudharabah Muthlaqah Muqayyadah

Pertanyaan Tentang Akuntansi Mudharabah Mutlaqah dan Muqayyadah

Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah mutlaqah biasanya terjadi ketika investor diberikan kebebasan mengelola dana yang dipinjamkan oleh bank syariah. Pengelola dana dan pemilik dana dapat menyajikan informasi keuangan syariah sesuai standar keuangan dan audit yang diberlakukan oleh perusahaan tersebut.

Pertanyaan diskusi tentang akuntansi akad mudharabah tentu berkaitan dengan waktu diakuinya pendapatan dan beban periode berjalan. Pembagian hasil usaha investasi mudharabah musytarakah didasari pada jumlah investasi awal yang disetorkan masing-masing pihak untuk menjalankan transaksi.

Jaminan dalam pembiayaan mudharabah dalam segi akuntansi bank syariah didasarkan pada laba ditahan periode tersebut. Bagaimana cara melakukan kerjasama mudharabah harus menandatangani jenis kontrak yang disetujui oleh pihak bank dan pelaksana kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Laporan Posisi Keuangan Syariah dan Laba Rugi Komprehensif

Contoh Soal Transaksi Akuntansi Mudharabah

Contoh soal transaksi akuntansi mudharabah boleh dilakukan agar keuntungan dapat dibagikan sesuai pertimbangan akuntansi di perusahaan. Perlakuan akuntansi mudharabah musytarakah diakui sesuai jumlah tabungan dana milik pengelola modal dan investasi yang dilakukan oleh bank syariah tahun berjalan.

Contoh soal akad mudharabah menjadi pertimbangan akuntan publik untuk memahami sistem pengendalian internal perusahaan. Perhitungan untuk pembiayaan murabahah, musyarakah dan mudharabah didasarkan pada keuntungan yang harus didistribusikan ke lawan transaksi yang berlaku.

Contoh soal dan jawaban akuntansi mudharabah terjadi pada CV Staff Accounting yang menandatangi kontrak akad mudharabah muqayyadah. CV Staff accounting dan rekan bisnis memberikan modal sebesar Rp 15.000.000 dan Rp 10.000.000. Laba tahun berjalan adalah Rp 4.500.000, berapakah laba yang dibagikan ke cv staff accounting?

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Buku dan Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap

Jurnal Akuntansi Mudharabah dan Perhitungannya

Jurnal akuntansi mudharabah dan perhitungan profit sharing atau revenue sharing harus dilandasi pada kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan. Bank syariah dapat memberikan pinjaman kepada pengelola usaha agar memperoleh keuntungan dan kerugian yang ditanggung oleh kedua belah pihak.

Jaminan dalam pembiayaan mudharabah dalam segi akuntansi bank syariah menjadikan prioritas pembayaran bagi lawan transaksi. Bagi hasil bank syariah didasarkan pada laba dan penghasilan yang diperoleh periode mendatang. Contoh perhitungan laba transaksi mudharabah yang dilakukan perusahaan adalah:

Nama Pihak Investasi Persentase Laba Dibagikan
PT Masraffi Rp 15.000.000 60% Rp 2.700.000
Rekan Bisnis Rp 10.000.000 40% Rp 1.800.000

Bagaimana cara melakukan kerjasama mudharabah didasarkan pada distribusi keuntungan periode berjalan. Jika pengelola dana juga menyetorkan dana dalam bentuk akad mudharabah musytarakah maka seluruh pengeluaran dana dipertimbangkan sebagai investasi. Adapun jurnal pembagian laba bagi perusahaan:

TanggalKeteranganDebitKredit
12/09/2021Laba Ditahan Rp 2.700.000
Pendapatan Investasi Mudharabah Rp 2.700.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pembiayaan Akad Istishna Paralel

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi mudharabah mutlaqah dan muqayyadah semoga dapat membantu memahami materi akuntansi syariah. Bagi hasil bank syariah dan mitra bisnis harus mempertimbangkan margin yang didapatkan berdasarkan akta pendirian dan perjanjian kerjasama.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Mudharabah Muthlaqah Muqayyadah"