Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar Berbunga

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penerbitan dan pelunasan wesel bayar berbunga dapat dilaksanakan untuk meningkatkan omset penjualan tahun berjalan. Wesel bayar dan wesel tagih menjadi salah satu bentuk surat hutang agar dapat memastikan tanggal pelunasan tagihan yang telah jatuh tempo sesuai termin pembayarannya.

Contoh soal wesel berbunga dan tanpa bunga dijadikan dasar bagi entitas untuk mengizinkan memperpanjang jangka waktu pelunasan tagihan. Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar akan menjadikan entitas mengetahui nilai akhir yang harus dibayarkan kepada lawan transaksi.

Cara menghitung wesel tagih bermanfaat mempertimbangkan investasi yang dilakukan perusahaan ketika memperpanjang masa pembayaran tagihan. Karakteristik wesel bunga adalah terdapat bunga per tahun yang dicantumkan pada surat hutang. Siapa yang menerbitkan wesel? yaitu pihak yang meminta pertambahan jatuh tempo.

Contoh Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar Berbunga

Pengertian dan Karakteristik Wesel Tagih dan Bayar

Pengertian wesel tagih dan wesel bayar adalah transaksi hutang piutang perusahaan dengan pihak ketiga yang terjadi karena adanya permintaan perpajangan masa penagihan. Wesel bayar didebit dan dikredit ketika terjadi penerbitan, pelunasan dan pembayaran bunga wesel yang dilaksanakan setiap periodenya.

Karakteristik dari wesel tagih adalah entitas akan memperoleh kepastian tentang pembayaran tagihan beserta pembayaran bunga. Kegagalan customer dalam melunasi piutang wesel harus dapat dibuatkan akun cadangan kerugian piutang tak tertagih untuk meminimalisir kerugian yang diderita selama tahun berjalan.

Cara mencatat wesel tagih dan wesel bayar berbeda pengakuannya dalam catatan atas laporan posisi keuangan. Wesel tagih diakui sebagai piutang dagang tahun berjalan. Wesel bayar diakui sebagai kewajiban jangka panjang yang dapat dilunasi perusahaan ketika masih menjalankan kegiatan operasionalnya.

Baca Juga: Contoh Kartu Biaya Produksi dalam Akuntansi Biaya

Contoh Soal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bunga dan Tanpa Bunga

Contoh soal penerbitan dan pelunasan wesel bunga dan tanpa bunga diselenggarakan dengan tujuan agar entitas dapat memperpanjang jangka waktu pembayaran tagihan. Wesel adalah surat janji untuk membayarkan sejumlah nilai rupiah yang tercantum pada waktu yang ditentukan oleh penerbit.

Contoh soal wesel tagih dan wesel bayar diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki masalah keuangan. Kesulitan keuangan akan berpengaruh pada kemampuan pembayaran tagihan. Keterlambatan pembayaran menandakan ketidakmampuan penerapan kebijakan penjualan kredit bagi pelanggan.

Contoh soal dan jawaban wesel terjadi pada CV Staff Accounting yang menerbitkan wesel bayar senilai Rp 864.335.000. Bagaimana jurnal penerbitan dan pelunasan wesel bayar ketika bunga tahun berjalan sebesar 8% dengan masa pembayaran tagihan selama 90 hari dari tanggal penarikan wesel tersebut?

Baca Juga: Langkah-langkah Input Transaksi Pembelian dan Penjualan di Accurate

Jurnal Penarikan, Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar

Tanggal penarikan wesel adalah tanggal dimana perusahaan menerima surat hutang sebagai bukti ketepatan waktu pembayaran tagihan. Suku bunga pasar adalah persentase bunga yang diinginkan oleh investor untuk memberikan kelonggaran pembayaran atau penggunaan dana pihak ketiga untuk operasionalnya.

Jurnal penerbitan dan penarikan wesel harus dilakukan pada waktu diambilnya surat hutang dari perbankan. Pelunasan wesel bayar menggunakan kas dan setara kas, perubahan liabitas menjadi modal perusahaan. Penentuan tanggal jatuh tempo wesel dapat ditentukan dalam perjanjian wesel tagih tersebut.

Contoh soal pelunasan dan penerbitan wesel tagih dan wesel bayar berbunga dan tanpa bunga harus dilandasi pada perhitungan jumlah hari dan bulan yang dilalui. Wesel bayar termasuk akun liabilitas dan harus dibayarkan dengan kas. Adapun jurnal penerbitan dan pembayaran hutang wesel sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/12/2021Account Payable Rp 864.335.000
Noted Payable Rp 864.335.000
(Jurnal penerbitan wesel bayar)
09/03/2022Noted Payable Rp 864.335.000
Interest Expance Rp 17.049.896
Cash Rp 881.384.896
(Jurnal pelunasan wesel bayar)

Baca Juga: Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya

Demikian contoh jurnal penerbitan wesel tagih dan pelunasan wesel bayar tanpa bunga dalam materi akuntansi keuangan menengah. Seluruh kewajiban pembayaran tagihan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dalam melunasi tagihan sehingga terhindar dari fase kesulitan keuangan.

Posting Komentar untuk "Contoh Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar Berbunga"