Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung dapat dipergunakan sebagai dasar dalam menentukan beban kerugian piutang. Kekurangan penjualan kredit adalah adanya kemungkinan pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan sesuai termin pembayaran yang telah jatuh tempo.

Pencatatan piutang tak tertagih dengan metode langsung dan tidak langsung akan diakui sebagai cadangan kerugian piutang. Kelebihan penjualan kredit adalah meningkatkan omzet penjualan barang karena ketertarikan pembeli melakukan pembelian barang dan jasa secara kredit diakhir periode akuntansinya.

Sistem pengendalian internal piutang dagang adalah terdapatnya otorisasi pemberian termin pembayaran secara kredit oleh manajer kredit. Piutang usaha akan diakui sebesar nilai yang dapat ditagihkan ke pelanggan secara normal dan diselesaikan dengan memberikan kas, membayarnya dengan liabilitas lainnya.

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Sistem Pengendalian Internal Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Piutang dagang menurut para ahli adalah tagihan atas pemberian barang dan jasa kepada pelanggan dengan perjanjian pembayaran dimasa mendatang. Persentase piutang tak tertagih bagi perusahaan dagang dan jasa sebaiknya dikisaran 5% karena tidak diperkenankan sebagai beban fiskal diakhir periode akuntansi.

Sistem pengendalian internal piutang dagang dan piutang lain dapat diterapkan menyesuaikan kebijakan di perusahaan. Piutang tak tertagih dapat menerapkan cadangan kerugian piutang untuk meminimalisir beban kerugian pajak yang harus ditanggung oleh perusahaan ketika pelanggan tidak mampu membayar.

Penilaian piutang dalam laporan posisi keuangan adalah sebesar piutang yang mampu ditagihkan perusahaan kepada pelanggannya. Penyebab terjadinya piutang tak tertagih adalah ketidakmampuan pelanggan membayarkan tagihan dan manajer kredit tidak mampu mendeteksi risiko pembayaran yang diberikan.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Piutang Tak Tertagih dan Pembahasannya

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Piutang Tak Tertagih

Faktor-faktor yang menyebabkan piutang tak tertagih terdiri dari alokasi keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika pemberikan kebijakan penjualan kredit. Kelebihan penjualan kredit adalah meningkatkan omzet penjualan dengan cepat tetapi cenderung berisiko ketika tidak mampu dibayarkannya.

Mengapa perusahaan bisa terjadi piutang tak tertagih? kebanyakan perusahaan dagang dan jasa akan melihat kemampuan pelanggan dengan penjualan tunai dimasa lampau. Kebijakan penjualan cicilan sebaiknya diterapkan agar entitas memenuhi prinsip akuntansi yaitu keberlangsungan usaha dan akrual basis.

Piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagihkan oleh wajib pajak boleh dijadikan sebagai biaya untuk mengurangi pendapatan bruto selama memenuhi ketentuan umum perpajakan. Taksiran piutang tak tertagih untuk kualitas piutang yang kurang lancar adalah 5% dari total piutang yang didapatkan perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Jawabannya

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan jawabannya akan dilakukan asumsi terdapatnya kontrak kerjasama untuk penjualan kredit. Beban kerugian piutang dapat dijadikan beban pengurang penghasilan bruto ketika memenuhi jenis risiko kredit yang diakui dalam ketentuan umum perpajakan.

Penghapusan piutang tak tertagih menurut pajak harus dapat dibuktikan dengan putusan pengadilan tentang kebangkrutan suatu usaha. Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan dalam peraturan perpajakan adalah menggunakan cadangan kerugian piutang yang diperhitungkan dari persentase piutang dagang.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki piutang dagang sebesar Rp 559.000.000. Terdapatnya informasi pelanggan dinyatakan bangkrut oleh putusan pengadilan dan meninggalkan tagihan sebesar Rp 21.000.000. Buatlah jurnal penghapusan piutang jika pencatatan piutang dagang awal sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/08/2021Account Recaivables Rp 614.900.000
Merchandise Sales Rp 559.000.000
VAT Out Rp 55.900.000

Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Contoh jurnal penghapusan piutang tak tertagih hanya boleh dilaksanakan setelah memperoleh keputusan pelanggan tidak mampu melunasi tagihan. Metode langsung dalam piutang dagang menyebabkan tidak bergunanya prinsip perbandingan antara pendapatan dan beban periode mendatang.

Beban kerugian piutang menyebabkan perusahaan mengalami kerugian diskal. Taksiran piutang tak tertagih untuk kualitas piutang kurang lancar adalah 5%. Adapun jurnal penghapusan piutang tak tertagih yang dapat diakui sebagai deductible expance adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
09/08/2021Bad Debt Expance Rp 21.000.000
Account Recaivables Rp 21.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Buku dan Akumulasi Penyusutan

Demikian contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung akuntansi pengantar. Pertanyaan tentang penyebab piutang terjadi di perusahaan dan tidak mampu dibayarkan oleh pelanggan harus dapat diantisipasi dengan menerapkan sistem pengendalian internal yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung"