Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan dan jawabannya diperuntukkan bagi entitas yang mengadakan kerjasama membuat sebuah bisnis. Isi perjanjian firma harus disetujui oleh para sekutu yang terlibat dalam pengambilan keputusan sesuai karakteristik persekutuan yaitu mutual agency dan limited life.

Contoh soal metode bonus dan metode goodwill pada pendirian persekutuan bermanfaat untuk memberikan nilai lebih bagi para sekutu. Jika anggota sekutu keluar firma dan masuknya anggota sekutu baru mengakibatkan perubahan komposisi sekutu yang berakibat pada pembaruan akta pendirian bisnis.

Cara membentuk persekutuan dapat dilakukan dengan membentuk bisnis baru, merger dengan usaha perseorangan atau mengubah firma yang sudah berjalan. Setoran modal awal perusahaan dapat berbentuk penyerahan kas, pemberian aktiva selain kas dan memberikan nilai lebih sekutu yang dimilikinya.

Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan dan Jawabannya

Perbedaan Metode Bonus dan Metode Goodwill Persekutuan

Perbedaan metode bonus dan metode goodwill dalam persekutuan harus ditindakkan agar sekutu yang memiliki nilai lebih dari pada sekutu lainnya memperoleh hak dan kewajibannya. Apabila setoran modal awal sekutu berupa kas maka akan diakui sejumlah kas yang disetorkan sebab sudah menjadi nilai perolehannya.

Contoh soal metode goodwill dan bonus dalam firma akuntansi keuangan lanjutan diperkenankan bagi entitas untuk mengakui keuntungan selama tahun berjalan. Pembagian laba rugi firma didasarkan pada modal awal, modal akhir, modal rata-rata, persentase dan rasio tertentu sesuai yang tercantum pada akta pendirian.

Masuknya anggota sekutu baru dan keluarnya anggota sekutu lama berakibat pada komposisi pemodal yang ada di perusahaan. Makalah pendirian persekutuan hendaknya dijadikan dasar untuk mengelola setoran modal para sekutu agar dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan laba ditahan pada periode berjalan.

Baca Juga: Cara Menghitung Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Sebutkan Cara Pembentukan Persekutuan

Sebutkan cara pembentukan persekutuan bergantung pada kebijakan akuntansi keuangan lanjutan yang diterapkan diperusahaan. Akuntansi pendirian firma berlangsung dari adanya perjanjian kerjasama yang dilaksanakan dengan tujuan memasarkan produk ke pelanggan untuk mendapatkan penghasilan.

Contoh soal pembelian kepentingan metode goodwill dan metode bonus diperuntukkan agar seluruh sekutu bertanggungjawab terhadap laba yang dihasilkannya. Ketika firma mendapatkan keuntungan maka terjadi pertambahan modal masing-masing sekutu sesuai persentase pembagian laba rugi firma.

Sebutkan cara pembentukan persekutuan terdiri dari mendirikan usaha baru atau meneruskan usaha salah satu anggota sekutu. Masalah setoran modal awal terjadi ketika kas yang disetorkan tidak dinilai sesuai harga tercantumnya. Modal masing-masing sekutu harus ditentukan perbandingannya sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Musyarakah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan dan jawabannya diberlakukan sebagai aturan pembagian laba rugi sesuai akta firma yang disepakati. Metode goodwill akan mengakui setoran modal awal entitas berupa nilai lebih sekutu ditambah setoran kas dan aktiva non kas sesuai nilai wajarnya.

Perbedaan metode goodwill dan metode bonus adalah pengakuannya sebagai penambah atau pengurang modal disetorkan. Akuntansi pendirian firma harus diselenggarakan sesuai aturan pembuatan buku baru atau penggunaan buku lama yang dimilik oleh salah satu sekutu yang telah memiliki usaha.

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan terjadi pada Firma Staff Accounting yang didirikan oleh gerry, dian, delima. Masing-masing sekutu menyetorkan kas senilai Rp 8.600.000, Rp 2.360.000, Rp 5.620.000. Apabila setoran awal yang diakui 1/3 dari setoran modal, hitunglah goodwill yang diberikan kepada sekutu lain.

Nama Sekutu Setoran Modal Modal Diakui Goodwill
Gerry Rp 8.600.000 Rp 5.526.667 Rp (3.073.333)
Dian Rp 2.360.000 Rp 5.526.667 Rp 3.166.667
Delima Rp 5.620.000 Rp 5.526.667 Rp (93.333)

Baca Juga: Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya

Demikian contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Setoran modal sekutu aktiva non kas akan diakui sebesar nilai wajarnya yang dihitung oleh appraiser atau penilai sebuah aset tetap dan aset tak berwujud milik perusahaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan dan Jawabannya"