Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Break Even Point Metode Laba Operasi

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban break even point metode laba operasi dan margin kontribusi berguna menentukan saat sebuah bisnis mendatangkan keuntungan. Tujuan pendirian perusahaan adalah diperolehnya keuntungan bagi para pemegang saham sebagai akibat setoran modal awal sekutu.

Pengertian break even point menurut para ahli adalah sebuah peristiwa dimana perusahaan dikatakan mendapatkan keuntungan ketika telah mencapai titik impas penjualan. Titik impas produksi dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah unit penjualan dan jumlah rupiah penjualan dalam laporan laba rugi.

Bagaimana cara menghitung break even point untuk menentukan harga jual produk oleh marketing perusahaan? Kapan analisis biaya volume dan laba digunakan untuk pengambilan keputusan? permasalahan risiko dan ketidakpastian menjadi dasar bagi perubahan tingkat hutang di perusahaan tersebut.

Contoh Soal dan Jawaban Break Even Point Metode Laba Operasi

Apa itu BEP dan Rumusnya

Apa itu bep dan rumusnya menjadi langkah awal untuk menilai sebuah investasi dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Konsep break even point adalah membandingkan antara biaya produksi dan tingkat penjualan sebagai dasar minimal penjualan yang harus diselenggarakan untuk diperolehnya laba ditahan.

Pengertian break even point menurut para ahli adalah kondisi dimana penjualan dan biaya produksi sesuai dengan target yang ditentukan manajemen. Tujuan perusahaan didirikan adalah mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya modal dari pihak internal dan pinjaman jangka panjang dari pihak eksternal.

Rumus bep = fc/(p-vc) merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung bep dengan dasar pertimbangkan keuntungan selama tahun berjalan. Materi kewirausahaan essay dan pilihan ganda mewajibkan enterpreneur menghitung break even point sebelum menjalankan kegiatan produksinya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Akuntansi Manajemen

Contoh Soal Bep Produksi dan Jawabannya

Contoh soal break event point dan jawabannya dapat menilai kegiatan produksi dan kewirausahaan diberbagai jenis usaha seperti makanan khas daerah dan manufaktur. Titik impas kegiatan produksi dapat dinilai berdasarkan jumlah unit terjual dan jumlah rupiah penjualan yang diterima sesuai harga jual produk.

Contoh soal bep kewirausahaan dapat berbentuk pilihan ganda atau soal essay materi akuntansi manajemen. Titik impas atau break event point dapat dinilai berdasarkan pendekatan margin kontribusi atau laba operasi. Perbedaannya terletak pada laba yang dijadikan dasar menentukan jumlah unit terjual.

Contoh soal dan jawaban break event point metode pendekatan laba operasi terjadi ketika CV Staff Accounting mendapatkan laba tahun berjalan sebesar Rp 47.260.000. Manajer produksi menyampaikan informasi tentang pemakaian biaya variabel dan biaya tetap sesuai lampirkan berikut ini.

Sales 800 unit Rp 47.260.000
Variable Cost Rp (17.000.000)
Contribution Margin Rp 30.260.000
Fixed Cost Rp (5.620.000)
Earning Before Tax Rp 24.640.000

Baca Juga: Contoh Persamaan Dasar Akuntansi dan Pembahasannya

Cara Menghitung Break Even Point dalam Unit dan Rupiah

Cara menghitung break even point dalam unit dan rupiah bermanfaat menilai tingkat pengembalikan investasi jangka panjang. Grafik bep ditentukan berdasarkan pertimbangkan jumlah unit terjual, sales dan biaya pemasaran, biaya administrasi dan biaya produksi sesuai analisis volume biaya laba.

Bagaimana cara menghitung break even point dalam menentukan harga jual harus mengetahui berapakah harga pokok produksi. HPP adalah nilai yang dikeluarkan perusahaan untuk mengupayakan sebuah produk dapat diproduksi secara sekaligus atau sesuai spesifikasi permintaan dari pelanggan perusahaan.

Cara menghitung break event point dalam unit dan rupiah perlu mempertimbangkan laba yang diperkirakan didapatkan perusahaan berdasarkan harga jual produk. Rumus bep = fc/(p-vc) merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung bep dengan dasar permintaa dari pelanggan. Adapun contoh perhitungan bep kewirausahaan adalah

Unit yang harus terjual = Penjualan - Biaya Variabel - Biaya Tetap
= (59.075 x unit) - (Rp 21.250 x unit) - Rp 5.620.000
= (Rp 37.825 x Unit) - Rp 5.620.000
(Rp 37.825 x Unit) = Rp 5.620.000
Unit149

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan jawaban break even point metode pendekatan laba operasi dan margin kontribusi selama tahun berjalan. Bep dapat digambarkan sesuai grafik yang diperlukan untuk menentukan pencapaian penjualan barang sesuai harga jual yang ditetapkan sebagai dasar pengembalian investasi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Break Even Point Metode Laba Operasi"