Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pembagian Laba Persekutuan Perbandingan Modal Awal

Konten [Tampil]

Contoh soal pembagian laba persekutuan perbandingan modal awal dan modal rata-rata dipergunakan untuk menentukan berapakah yang menjadi hak sekutu yang terlibat. Kelemahan dan kelebihan dalam menggunakan rasio modal awal harus dipertimbangkan sebab dikaitkan dengan mutasi modal sekutu.

Contoh laporan keuangan firma digunakan untuk pengajuan modal di perbankan. Laporan keuangan persekutuan terdiri dari laporan laba rugi, perubahan modal dan neraca saldo. Metode pembagian laba rugi dapat disesuaikan dengan keputusan sekutu ketika akta perjanjian perusahaan diterbitkan disetujui.

Cara pembentukan persekutuan dapat didasari dengan penyerahan kas dan nilai lebih para sekutu. Transaksi yang menyebabkan rekening prive di dalam persekutuan dicatat disisi debit adalah adanya pengambilan kas, pemberian modal tambahan, alokasi goodwill yang dimiliki oleh sekutu lainnya.

Contoh Soal Pembagian Laba Persekutuan Perbandingan Modal Awal

Kelebihan dan Kekurangan Pembagian Laba Metode Modal Awal

Kelebihan pembagian laba rugi persekutuan dengan metode modal awal adalah jumlah setoran yang diberikan para sekutu berjumlah material. Mutasi modal adalah aktivitas perubahan modal sekutu ketika menjalankan kegiatan operasionalnya untuk mendatangkan penghasilan selama tahun berjalan.

Kekurangan pembagian laba firma dengan metode modal awal adalah sekutu dapat menarik modalnya kembali tanpa mempengaruhi persentase laba yang akan dibagikan. Soal dan jawaban akuntansi keuangan 1 persekutuan akan berkaitan dengan akuntansi pendirian, pembubaran dan perubahan anggota sekutu.

Kelebihan dan kekurangan pembagian laba rugi metode modal awal diperuntukkan bagi entitas yang ingin mendapatkan pendapatan lain. Tujuan persekutuan adalah memperluas pangsa pasar produk dengan memanfaatkan nilai lebih yang dimiliki para anggota sekutu yang terlibat dalam pembuatan perjanjian kerjasama.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Pegawai Tetap

Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Firma Metode Modal Awal

Contoh soal pembagian laba rugi persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dipergunakan sebagai dasar membagikan keuntungan yang didapatkan ketika menjalankan operasionalnya. Transaksi yang menyebabkan rekening prive di dalam persekutuan dicatat disisi debit dan kredit adalah mutasi aliran modal sekutu.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan dijadikan dasar untuk menilai kualitas kredit yang dimiliki pelanggan. Akuntansi pendirian firma dapat dicatat sesuai mekanisme buku baru atau melanjutkan buku lama yang dimiliki oleh sekutu yang sudah punya usaha.

Soal dan jawaban pembagian laba akuntansi keuangan lanjutan terjadi pada CV Staff Accounting yang didirikan oleh ahmad, faisal, ferdian dengan setoran sejumlah Rp 74.600.000, Rp 77.560.000 dan Rp 69.856.000. Laba tahun berjalan sebesar Rp 85.200.000, berapakah hak masing-masing sekutu?

Baca Juga: Contoh Hubungan Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Cara Menghitung Pembagian Laba Metode Perbandingan Modal Awal

Cara menghitung pembagian laba metode perbandingan modal awal bertujuan agar para sekutu memberikan setoran lebih besar kepada firma. Laporan keuangan firma harus dapat menunjukkan pertanggungjawaban penggunaan arus kas masuk dan arus kas keluar sejalan dengan tujuan persekutuan.

Cara menghitung pembagian laba rugi firma dengan metode perbandingan modal rata-rata dan modal awal akan dipengaruhi oleh setoran modal berupa kas atau goodwill sekutu. Goodwill atau nilai lebih sekutu dapat dijadikan investasi karena sekutu lain tidak memilikinya untuk keberlangsungan bisnis usaha.

Contoh soal dan cara menghitung pembagian laba rugi persekutuan dengan metode perbandingan modal awal harus memperhitungkan persentase setora para sekutu. Transaksi yang menyebabkan rekening prive di dalam persekutuan dicatat di sisi kredit dan debit adalah aktivitas perubahan modal.

Contoh perhitungan persentase pembagian laba rugi sesuai modal awal sebagai berikut:

Nama Sekutu Jumlah Modal Awal Persentase Pemilikan Modal Laba Ditahan Laba yang didapatkan
Ahmad Rp 74.600.000 33,60% Rp 85.200.000 Rp 28.628.207
Faisal Rp 77.560.000 34,93% Rp 85.200.000 Rp 29.764.125
Ferdian Rp 69.856.000 31,46% Rp 85.200.000 Rp 26.807.668

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Tagih

Demikian contoh soal pembagian laba persekutuan perbandingan modal awal, modal akhir dan modal rata-rata atas setoran investasi awal para sekutu. Ketika kesepakatan awal pendirian firma maka akan dicantumkan hak dan tanggungjawab sekutu dalam upaya mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pembagian Laba Persekutuan Perbandingan Modal Awal"