Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Input Pembelian Barang Dagang Tunai dan Kredit di Accurate 5

Konten [Tampil]

Cara input pembelian barang dagang secara tunai dan kredit di accurate 5 dan accurate online akan memudahkan pencatatan inventory di gudang. Modul pembelian terdiri dari menu pesanan pembelian, penerimaan barang, faktur pembelian, retur pembelian dan pembayaran tagihan atas barang yang telah diterima.

Cara input transaksi pembelian tunai dan kredit pada accurate diperlukan sebagai dasar penyediaan material bahan baku. Modul pembelian accurate online dapat dipergunakan untuk memudahkan pencatatan sistem akuntansi seperti pesanan barang, pengiriman barang bahkan penagihan invoice tersebut.

Cara mencatat pembelian bahan baku, bahan penolong dan peralatan kantor diperlukan sebagai upaya memudahkan alokasi informasi keuangan. Pembuatan invoice dp akan terutang pajak pertambahan nilai dan harus diperhitungkan sesuai informasi akuntansi yang berterima umum dalam pelaksanaan siklus akuntansi.

Cara Input Pembelian Barang Dagang Tunai dan Kredit di Accurate 5

Cara Input Pesanan Pembelian di Accurate Online

Cara input pesanan pembelian di accurate online merupakan tindakan purchasing memasukkan barang dagang yang hendak dibelinya sesuai permintaan dari berbagai departemen di perusahaan. Jika terdapat uang muka atau down payment maka perusahaan dapat meminta dibuatkan faktur pajak uang muka atas transaksi tersebut.

Cara memasukkan pesanan pembelian di accurate 5 bertujuan agar bagian gudang mengetahui jumlah dan jenis barang yang akan datang. Software accurate berasal dari negara indonesia dan dapat disesuaikan untuk penerbitan faktur pajak standar dan faktur pajak pengganti dan diekspor ke aplikasi e-faktur pajak.

Cara input transaksi pesanan pembelian pada accurate berperan memaksimalkan alur pembelian dan permintaan barang. Informasi yang diperlukan untuk memasukkan pesanan pembelian adalah tanggal estimasi kedatangan, nama supplier, barang yang diinginkan dan kebijakan pemberian uang muka tertentu.

  1. Masuk ke modul Pembelian
  2. Pilih menu Pesanan Pembelian pada Accurate
  3. Dilanjutkan dengan memasukkan nama supplier dan barang yang ingin dibeli.
  4. Pilih tanggal estimasi kedatangan barang
  5. Input uang muka pembelian apabila transaksi terdapat kebijakan kredit.
  6. Klik simpan

Baca Juga: Cara Membuat Database Accurate Baru

Cara Input Transaksi Penerimaan Barang dan Faktur Pembelian pada Accurate

Cara input transaksi penerimaan barang dan faktur pembelian pada accurate bertujuan agar bagian gudang melakukan konfirmasi diterimanya barang dengan baik. Fungsi menu penerimaan barang adalah memastikan jumlah barang yang dipesan sesuai barang yang telah dikirimkan oleh supplier bahan baku.

Cara memasukkan faktur pembelian pada accurate diperlukan karena ketika perusahaan telah menerima barang akan dilanjutkan dengan proses penagihan. Pembayaran tagihan harus disesuaikan tanggal faktur pembelian dan tanggal invoice untuk meminimalisir terjadinya piutang tak tertagih.

Cara mengentri transaksi penerimaan barang dan faktur pembelian harus diselenggarakan agar perusahaan dapat menjadwalkan proses pembayaran. Termin pembayaran menjadi dasar untuk melakukan pembayaran tagihan yang jatuh tempo.

Bagaimana cara input faktur pembelian di accurate sebagai berikut:

  1. Masuk ke modul Pembelian
  2. Pilih menu Pengiriman Barang
  3. Dilanjutkan dengan memasukkan nama supplier
  4. Hitunglah jumlah barang yang diterima dari supplier
  5. Accurate akan memperhitungkan selisih barang yang belum dikirim ke akun beban kirim
  6. Klik simpan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Accurate Online Disertai Gambar

Cara Input Retur Pembelian Barang di Accurate 5

Cara input retur pembelian barang dagang di accurate 5 bertujuan agar entitas dapat mengalokasikan barang yang cacat dan kurang bagus. Jurnal pembelian aktiva tetap secara kredit dan tunai ke bank dapat dilakukan dengan cicilan per bulan. Pembuatan invoice di accurate disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Cara memasukkan retur pembelian dan penjualan barang dilaksanakan setelah terdapat kepastian tentang nota retur pajak yang diterbitkan. Retur pembelian akan mengurangi tagihan perusahaan sesuai jumlah barang yang dikembalikan ke pelanggan. Invoice uang muka penjualan diperkenankan dibuat setiap periodenya.

Cara input retur pembelian barang dagang pada accurate 5 dan accurate online harus disertai adanya bukti transaksi seperti nota retur dan surat jalan pengembalian barang. Pemotongan tagihan akan dilaksanakan setelah barang diterima oleh penjual. Adapun langkah-langkah mengentri transaksi retur pembelian sebagai berikut:

  1. Masuk ke modul Pembelian
  2. Pilih menu Retur Penjualan
  3. Masukkan nama supplier dan nomor tagihan
  4. Isilah jumlah barang yang dikembalikan
  5. Masukkan nama gudang pengantaran
  6. Klik simpan

Baca Juga: Cara Input Faktur Penjualan pada Accurate dan Myob

Demikian cara input retur pembelian barang pada accurate 5 dan accurate online dalam sistem informasi akuntansi berbasis komputer. Sistem pengendalian internal persediaan barang dagang harus dapat mempublikasikan informasi stock secara update sesuai metode fifo dan rata-rata tertimbang yang digunakan.

Posting Komentar untuk "Cara Input Pembelian Barang Dagang Tunai dan Kredit di Accurate 5"