Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Modul Banking pada Myob Accounting

Konten [Tampil]

Cara mengunakan modul banking pada myob accounting merupakan tindakan akuntan mencatat penerimaan dan pembayaran tagihan kepada pelanggan. Rekonsiliasi bank myob menjadi tujuan agar entitas dapat menyamakan pencatatan kas dan setara kas yang disimpan di rekening bank perusahaan.

Langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank pada myob merupakan transaksi penerimaan dan pembayaran kas perusahaan. Dalam proses rekonsiliasi jumlah tertentu akan diklik apabila terdapat transaksi di rekening koran. Rekening koran adalah mutasi dana masuk dan dana keluar aktivitas bisnis perusahaan.

Cara memasukkan transaksi pembayaran dan pelunasan tagihan di myob dapat dilakukan secara otomatis melalui modul purchase dan modul sales. Langkah-langkah menggunakan aplikasi myob lengkap dengan gambar terdiri dari berbagai macam modul diantaranya modul banking, inventory, card file dan account.

Cara Menggunakan Modul Banking pada Myob Accounting

Mengapa Perusahaan Perlu Melakukan Rekonsiliasi Bank

Mengapa perusahaan perlu melakukan rekonsiliasi bank karena terdapat beberapa biaya administrasi bank yang dipotongkan dari rekening. Dalam proses rekonsiliasi jumlah tertentu akan diklik apabila catatan perusahaan menunjukkan adanya transaksi yang tercatat pada rekening koran sesuai peruntukkannya.

Penyebab perusahaan perlu melaksanakan rekonsiliasi bank adalah terjadi pengeluaran kas dan setara kas yang tidak nampak di pencatatan perusahaan tetapi sudah diakui sebagai beban. Pengertian beban adalah biaya yang dikeluarkan untk menjalankan aktivitas bisnis dan mengakibatkan penurunan jumlah aktiva perusahaan.

Mengapa perusahaan perlu melakukan rekonsiliasi bank sebab entitas perlu mencatat biaya dan pendapatan yang diberikan atas tabungan perusahaan. Berbagai transaksi yang bukan termasuk bagian dari penjualan produk dicatat melalui modul banking. Menu spend money berfungsi membayarkan tagihan. Menu received money berfungsi menerima pendapatan lain-lain.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Job, Category dan Kode Pajak pada Myob

Langkah Membuat Rekonsiliasi Bank pada Myob Accounting

Langkah membuat rekonsiliasi bank pada myob accounting secara accurate akan memberikan kepastian tentang pengeluaran kas untuk pembayaran dan penerimaan tagihan. Modul banking terdiri dari menu spend money, received money, reconcile accounts dan transaction journal setiap aktivitas perusahaan.

Cara melakukan rekonsiliasi bank di myob secara accurate diawali dengan meminta rekening koran pada perbankan. Pencatatan pembayaran dan penerimaan pendapatan dalam modul banking bertujuan agar setiap penambahan dan pengurangan kas di bank berjalan sesuai sistem pengendalian internal di perusahaan.

Langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank 2 kolom dan 4 kolom dibedakan berdasarkan tingkat penggunaan dana perusahaan. Dalam proses rekonsiliasi jumlah tertentu akan diklik apabila transaksi terdapat pada rekening koran. Adapun cara menggunakan menu reconcile accounts di myob sebagai berikut:

  1. Masuk ke modul Banking
  2. Software myob telah menyiapkan beberapa metode pembayaran bank seperti bank mandiri, bank bni dan bank lainnya
  3. Pilih salah satu rekening bank
  4. Masukkan tanggal akhir bulan untuk proses rekonsiliasi
  5. Dilanjutkan mencentang transaksi apabila terdapat pada rekening koran
  6. Pastikan out of balance bersaldo nol dan bank statement date di akhir bulan.

Baca Juga: Cara Mengisi Saldo Awal Piutang dan Hutang Pelanggan di Myob

Cara Mencatat Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Myob Accounting

Cara mencatat penerimaan dan pengeluaran kas di myob accounting harus diselenggarakan setiap bulannya. Kapan perusahaan melakukan rekonsiliasi bank? yaitu ketika entitas akan berganti masa pelaporan pajak. Rekening koran adalah informasi mutasi penggunaan kas dan setara kas di rekening bank perusahaan.

Cara mencatat penerimaan dan pengeluaran kas di myob accounting diperlukan karena entitas kadangkala tidak hanya menerima pendapatan yang berasal dari penjualan. Pendapatan lain-lain seperti piutang bunga, pendapatan jasa dan penerimaan piutang wesel tagih dapat dicatat pada menu received money.

Pay bill digunakan untuk transaksi pembayaran tagihan. Bagaimana cara mengubah akun myob yang sudah ada menjadi akun yang kita kehendaki dapat dilakukan melalui modul account. Adapun cara mencatat pembayaran tagihan dan penerimaan pendapatan lain-lain pada myob accounting sebagai berikut:

  1. Masuk ke modul Banking
  2. Pilih Spend Money or Received Money
  3. Apabila perusahaan menerima pendapatan pada program myob, maka dapat memilih received money
  4. Apabila perusahaan membayarkan tagihan di myob, maka dapat memilih spend money
  5. Masukkan nama pelanggan dan jumlah yang harus dibayarkan
  6. Klik simpan

Baca Juga: Cara Membuat Termin Pembayaran di Myob

Demikian cara menggunakan modul banking pada myob accounting yang terdiri dari fitur rekonsiliasi bank, pencatatan penerimaan kas dan pembayaran tagihan melalui bank. Buku besar pembantu kas dan setara kas berperan sebagai alat kontrol atas mutasi aliran dana perusahaan untuk pembayaran dan penagihan.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Modul Banking pada Myob Accounting"