Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Anak Perusahaan ke Induk Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan barang dagang anak perusahaan ke induk perusahaan sering disebut dengan penjualan downstream dan upstream. Penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan metode biaya harus mempertimbangkan kebijakan akuntansi keuangan lanjutan yang berlaku.

Contoh soal penjualan upstream dan downstream dalam akuntansi keuangan lanjutan diperlukan mengingat induk perusahaan dapat memiliki lebih dari satu anak perusahaan. Investasi saham anak perusahaan akan menimbulkan hak kontrol induk yang mana entitas perlu mempertanggungjawabkannya.

Laba yang belum terealiasi dari transaksi antar perusahaan mengakibatkan ditundanya sebuah omzet penjualan. Contoh transaksi entitas induk dan entitas anak dapat dikaitkan dengan pelaksanaan kebijakan akuntansi keuangan terutama penerapan prinsip keberlangsungan usaha dan kesatuan bisnis pemegang saham.

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Anak Perusahaan ke Induk Perusahaan

Penjualan Upstream dan Penjualan Downstream

Penjualan upstream dan penjualan downstream hanya terjadi pada perusahaan berafiliasi. Entitas afiliasi artinya terjadi hubungan induk perusahaan dengan anak perusahaan ketika menjalankan aktivitas bisnis. Hubungan tersebut terjadi karena entitas melaksanakan penggabungan usaha dengan akuisisi saham dan konsolidasi.

Perbedaan penjualan downstream dan upstream terletak pada pihak yang memberikan barang dan jasa kepada lawan transaksi. Transaksi hulu dan hilir timbul karena adanya penggabungan usaha dengan merger, konsolidasi dan akuisisi saham setiap periode yang berjalan sesuai kebijakan akuntansinya.

Pengertian penjualan upstream dan downstream dalam akuntansi keuangan lanjutan menjadi pertimbangan untuk mempermudah diversifikasi usaha. Tujuan penggabungan usaha adalah memperoleh bahan baku lebih murah, mengurangi tingkat persaingan dan memaksimalkan waktu tunggu pesanan dari pelanggan.

Baca Juga: Contoh Soal Penerbitan Obligasi Jangka Panjang

Contoh Soal Entitas Induk dan Entitas Anak Persediaan dan Jasa

Contoh soal entitas induk dan entitas anak persediaan dan jasa menjadi pertimbangan seseorang untuk mempublikasikan laporan posisi keuangannya. Laba yang belum teralisasi dari transaksi penjualan upstream dan downstream harus diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan untuk tujuan pelaporan pajak.

Contoh soal penjualan barang dagang anak perusahaan kepada induk perusahaan menjadi dasar menentukan tingkat penguasaan saham. Hak kontrol adalah hak yang didapatkan dari pembelian sebagian besar saham dari total keseluruhan saham yang beredar sesuai akta pendirian perusahaan.

Contoh soal penjualan upstream terjadi ketika CV Supervisor Accounting melaporkan nilai persediaan akhir sebesar Rp 45.000.000 dimana Rp 16.200.000 merupakan pembelian dari CV Staffaccounting. Penggabungan usaha dimana anak perusahaan dimiliki secara penuh telah memperhitungkan laba sebesar 25%. Bagaimana jurnal eliminasi laba ditahan dan persediaan bahan baku yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Pembentukan Persekutuan dan Pembahasannya

Contoh Soal Penggabungan Usaha Metode Equity

Contoh soal penggabungan usaha metode equity menjadi dasar perusahaan melakukan perubahan kebijakan akuntansi. Transaksi entitas induk dan entitas anak akan memperlihatkan hubungan afiliasi antar perusahaan yang menimbulkan hubungan istimewa ketika melaporkan kewajiban perpajakan.

Laba yang belum direaliasi dari penjualan upstream dan downstream dipengaruhi kebijakan akuntansi yang berlaku. Mengapa transaksi antar perusahaan perlu dibuatkan jurnal eliminasi dalam membuat kertas kerja konsoldasi? hal ini diakibatkan peristiwa pembayaran pajak secara bersamaan dengan pelaporan spt tahunan.

Contoh soal penjualan barang dagang anak perusahaan ke induk perusahaan wajib melaporkan catatan atas laporan keuangannya. Persediaan barang yang diperjualbelikan antar perusahaan afiliasi harus diakui senilai harga perolehannya. Adapun jurnal eliminasi persediaan barang dagang dan laba ditahan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/01/2022Laba ditahan CV StaffAccounting Rp 3.240.000
Laba ditahan CV Supervisor Accounting Rp 3.240.000
Investasi saham CV StaffAccounting Rp 3.240.000
Persediaan barang dagang CV Supervisor Accounting Rp 3.240.000

Baca Juga: Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Pembahasannya

Demikian contoh soal penjualan barang dagang oleh anak perusahaan kepada induk perusahaan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Jurnal eliminasi harus dibuat ketika anak perusahaan melaporkan transaksi dimana harga jualnya ditingkatkan daripada harga perolehannya berdasarkan hak kontrol yang berlaku.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Anak Perusahaan ke Induk Perusahaan"