Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana

Konten [Tampil]

Contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana dan jawabannya berlaku untuk setiap transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan. Pilihan ganda dan soal essay diperlukan untuk memaksimalkan jumlah laba dan pengakuan pendapatan di perusahaan setiap kali arus kas masuk dan arus kas keluar terjadi.

Contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi berakibat pada pengakuan liabilitas dan ekuitas perusahaan. Aktiva adalah total kekayaan yang didapatkan perusahaan dari aktivitas bisnis yang berasal dari setoran modal para pemegang saham dan kebijakan pembelian kredit dari para supplier.

Cara melakukan analisis transaksi keuangan untuk mengetahui pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi diperlukan dalam upaya membuat laporan posisi keuangan. Sistem pembukuan berpasangan merupakan sistem pencatatan berganda untuk setiap transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan.

Contoh Soal dan Jawaban Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana

Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi dan Jawabannya

Contoh soal essay dan pilihan ganda persamaan dasar akuntansi akan menganalisis bagaimana sebuah aktiva didapatkan perusahaan. Sumber aktiva lancar dan aset tetap adalah modal dan hutang dagang. Modal adalah setoran modal pemegang saham sesuai akta pendirian yang telah disepakati para sekutu.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur bertujuan agar entitas dapat mempublikasikan laporan keuangan. Akun riil adalah akun yang akan berlanjut penggunaannya selama perusahaan masih berdiri. Contoh akun riil adalah aktiva, liabilitas dan ekuitas.

Pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan diberlakukan ketika entitas telah menterjemahkan informasi laba rugi. Penyebab tidak seimbangkan neraca saldo adalah kesalahan dalam proses penjumlahan transaksi keuangan yang terjadi. Sifat akun nominal adalah hanya berlaku satu periode untuk keperluan pengukuran kinerja.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Lajur

Contoh Persamaan Dasar Akuntansi: Setoran Modal Awal Pemilik Usaha

Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi diawali dengan menetapkan setoran modal para sekutu. Modal adalah segala setoran yang diberikan pemegang saham pertama kali baik dalam bentuk kas atau aktiva tetap non kas. Persekutuan didirikan oleh dua orang yang sudah memiliki usaha.

Tahapan awal dalam pendirian persekutuan dan perseroan terbatas adalah penyerahan modal awal oleh pemilik perusahaan. CV Staff Accounting didirikan oleh tuan Bayu dengan menyetorkan kas sebesar Rp 15.600.000. Bagaimana pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi yang terbentuk?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Modal Tuan Bayu
- Setoran Awal Rp 15.600.000 Rp 15.600.000

Soal Persamaan Dasar Akuntansi: Pembelian Peralatan dan Perlengkapan Secara Tunai dan Kredit

Soal essay persamaan dasar akuntansi akan dilanjutkan dengan pembelian peralatan kantor dan perlengkapan toko secara tunai dan kredit. Pembelian tunai adalah pembelian barang dimana perusahaan akan mendapatkan barang ketika entitas membayarkan tagihan secara bersama-sama.

Pengaruh transaksi dalam laporan keuangan mewajibkan perusahaan untuk mencatat pembelian barang secara tunai dan kredit. CV Staff Accounting memerlukan pembelian peralatan sebesar Rp 4.200.000 secara tunai dan perlengkapan sebesar Rp 1.200.000 secara kredit. Bagaimana cara menyusun persamaan dasar akuntansinya?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Peralatan Modal Tuan Bayu
- Pembelian Tunai Rp (4.200.000) Rp 4.200.000
- Pembelian Kredit Rp 1.200.000 Rp 1.200.000

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham dan Pembahasannya

Contoh Transaksi Persamaan Dasar Akuntansi: Penjualan Barang dan Jasa Secara Tunai atau Kredit

Contoh transaksi persamaan dasar akuntansi tentu harus dapat mencapai tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan didirikan adalah menjalankan visi dan misi agar dapat mensejahterakan para pemegang saham. Akun nominal dan akun riil akan dipisahkan perusahaan berdasarkan laporan keuangannya.

Pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi dapat dianalisis secara mendetail. CV Staff Accounting mendapatkan tagihan pembayaran biaya sewa kendaraan sebesar Rp 4.500.000 dan melunasi hutang yang jatuh tempo sebesar Rp 1.000.000. Buatlah konsep sistem pembukuan bergandanya?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Modal tuan Raffi
- Pembayaran Tagihan Rp (1.000.000) Rp (1.000.000)
- Bayar Sewa Rp (4.500.000) Rp (4.500.000)

Contoh Tabel Persamaan Dasar Akuntansi: Pelunasan Piutang dan Pengambilan Pribadi Pemilik

Contoh tabel persamaan dasar akuntansi merupakan pencatatan dasar yang harus diselenggarakan perusahaan agar dapat menganalisis transaksi yang terjadi. Pelunasan piutang terjadi karena perusahaan memberikan kebijakan penjualan kredit kepada pelanggan dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana cara menghitung persamaan dasar akuntansi harus melihat hubungan antara akun nominal dengan laporan laba rugi. Akun nominal adalah akun yang berguna untuk mengukur kinerja perusahaan. Akun riil adalah akun yang berguna mencatat sumber kekayaan perusahaan untuk menjalankan aktivitas bisnis.

Mengapa persamaan akuntansi menunjukkan posisi keuangan perusahaan dikarenakan seluruh transaksi perusahaan akan dilakukan pencatatan. CV Staff Accounting akan mendapatkan pembayaran atas tagihan kepada pelanggan sebesar Rp 15.000.000 tetapi pemilik mengambil kas sebesar Rp 7.000.000

Keterangan Aktiva = Ekuitas
Akun Kas Modal Tuan Bayu
- Pendapatan Rp 15.000.000 Rp 15.000.000
- Prive Rp (7.000.000) Rp (7.000.000)

Baca Juga: Contoh Kasus Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Demikian contoh soal dan jawaban persamaan dasar akuntansi sederhana dalam perusahaan dagang, perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa. Seluruh aktivitas perusahaan akan diukur berdasarkan tingkat partisipasi untuk menjalankan aktivitas bisnis dan kinerja operasional yang mampu dihasilkan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana"