Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Analisis Transaksi dan Pencatatan dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Konten [Tampil]

Contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi digunakan oleh akuntan ketika menyusun laporan posisi keuangan. Pengaruh transaksi terhadap neraca saldo berdampak pada informasi aktiva, liabilitas dan ekuitas yang dikeluarkan perusahaan setiap periode penggunaannya.

10 Transaksi persamaan dasar akuntansi akan diawali dengan penyetoran modal pemilik, pembelian barang dengan kas dan hutang, penjualan barang dan penerimaan tagihan, pembayaran biaya sewa bangunan dan pengambilan pribadi pemilik yang dilakuka setiap siklus akuntansi dijalankan perusahaan.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi harus diwujudkan dengan mekanisme perhitungan laporan laba rugi komprehensif. Mengapa transaksi usaha yang dilakukan perusahaan harus diukur secara handal dikarenakan publikasi dan perhitungan biaya perolehan aktiva tetap per unit dalam materi akuntansi biaya.

Contoh Soal Analisis Transaksi dan Pencatatan dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh soal essay dan pilihan ganda persamaan dasar akuntansi bertujuan agar pengaruh setiap transaksi dapat dilakukan asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen menurut para ahli adalah klasifikasi atas pengungkapan bukti transaksi dalam proses pembuatan jurnal umum perusahaan disetiap tingkatan bisnis.

Bagaimana pengaruh transaksi dalam persamaan dasar akuntansi hendaknya mempublikasikan keterangan penggunaan aktiva tetap. Pengertian transaksi adalah segala aktivitas bisnis milik perusahan yang mendatangkan uang masuk dan mengakibatkan uang keluar karena adanya transaksi bisnis entitas.

Contoh soal essay dan pilihan ganda persamaan dasar akuntansi hendaknya dapat mengklasifikasikan akun menjadi akun riil dan akun nominal. Akun nominal berhubungan dengan laporan laba rugi dikarenakan akun nominal digunakan untuk mengukur kinerja bisnis selama satu periode akuntansi yang berlaku.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Induk Perusahaan ke Anak Perusahaan

Analisis Transaksi dan Pencatatan dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jasa dibedakan berdasarkan setoran modal. Setoran modal pemilik dapat berupa kas dan aktiva non kas. Apabila pemilik menyetorkan modal aktiva non kas maka harus dinilai berdasarkan nilai wajar disaat setoran terjadi.

Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi digunakan dalam proses pembuatan jurnal umum. Buku besar adalah kumpulan dari nama akun sejenis yang berisikan mutasi setiap kali transaksi terjadi. Akun adalah alat pencatatan atas asersi manajemen untuk setiap bukti transaksi yang didapatkan.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang terjadi pada CV Staff Accounting yang didirikan oleh Tuan Andi dengan setoran kas senilai Rp 40.000.000 dan mobil seharga Rp 114.500.000. Bagaimana pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan perusahaan?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Kendaraan Modal Tuan Andi
- Setoran Awal Rp 40.000.000 Rp 114.500.000 Rp 154.500.000
- Bayar Sewa Rp (100.000) Rp (100.000)

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Analisis Transaksi Keuangan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam analisis transaksi keuangan adalah segala aktivitas yang mempengaruhi aktiva dan passiva perusahaan. Passiva adalah sumber daya perusahaan yang berasal dari setoran pemegang saham dan kebijakan pembelian kredit yang didapatkan dari aktivitas jualbeli barang dagang.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menganalisis bukti transaksi adalah segala aktivitas bisnis yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Fungsi utama persamaan dasar akuntansi adalah mengubah modal dan liabilitas perusahaan menjadi berbagai macam sumber kekayaan untuk setiap bukti transaksi yang diperoleh.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana terjadi ketika CV Staff Accounting menerima barang dagang dengan pembelian tunai sebesar Rp 41.850.000 dan kredit sebesar Rp 22.300.000. Bagaimana cara menganalisis transaksi berdasarkan bukti transaksi yang harus dikelola perusahaan sebagai berikut:

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Peralatan Modal Tuan Andi
- Pembelian Tunai Rp (41.850.000) Rp 41.850.000
- Pembelian Kredit Rp 22.300.000 Rp 22.300.000

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dilanjutkan dengan adanya pengambilan pribadi pemilik. Prive memiliki saldo normal disisi debit. Prive berakibat pada pengurangan jumlah modal perusahaan selain adanya pembagian dividen dan total keuntungan yang didistribusikan perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi terjadi ketika pemilik CV Staff Accouting mengambil kas untuk keperluan pribadi sebanyak Rp 5.300.000 dan menerima penghasilan sebesar Rp 11.000.000. Bagaimana cara menganalisis transaksi berdasarkan bukti yang didapatkan dari lawan transaksi sebagai berikut:

Keterangan Aktiva = Ekuitas
Akun Kas Modal Tuan Andi
- Pendapatan Rp 11.000.000 Rp 11.000.000
- Prive Rp (5.300.000) Rp (5.300.000)

Baca Juga: Cara Input Saldo Awal Persediaan Barang Dagang di Accurate

Demikian contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jasa. Informasi keuangan harus memiliki karakteristik dapat diandalkan dan diperoleh dalam waktu yang tepat. Keberlangsungan usaha menjadi prinsip utama sebuah entitas didirikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Analisis Transaksi dan Pencatatan dalam Persamaan Dasar Akuntansi"