Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Surat Berharga dan Investasi

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan surat berharga dan investasi dilaksanakan perusahaan untuk memaksimalkan pendapatan jasa giro. Surat berharga adalah surat yang diterbitkan perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan berkelanjutan atas penguasaan manajemen dari perusahaan lain.

Pertanyaan tentang pemeriksaan surat berharga dan investasi jangka panjang dan pendek diperuntukkan bagi wajib pajak badan. Sistem pembukuan berganda harus diterapkan untuk setiap kali pencatatan agar dapat diperhitungkan secara maksimal jumlah laba rugi atas kinerja keuangan selama perusahaan beroperasi.

Bagaimana teknik audit pemeriksaan atas investasi surat berharga dilaksanakan dengan meminta dokumen permanen. Mengapa surat berharga dapat dijadikan long term invesment dikarenakan entitas dapat menguasai pemilikan manajemen dan pengambilan keputusan oleh pihak ketiga ketiga berjalannya aktivitas bisnis.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Surat Berharga dan Investasi

Pertanyaan Uji Subtantif dan Uji Compliance Surat Berharga dan Investasi

Pertanyaan tentang pemeriksaan surat berharga dan investasi dilaksanakan setiap akhir periode laporan keuangan. Instrumen ekuitas adalah kontrak yang memberikan hak sisa atas penggunaan aset tertentu setelah pelunasan seluruh liabilitas perusahaan sebelum terjadinya pembubaran persekutuan atau partnership.

Contoh soal audit pemeriksaan investasi dan surat berharga harus mengklasifikasikan penggunaan kas perusahaan. Kas harus diolah secara maksimal agar entitas mendapatkan keuntungan. Instrumen keuangan adalah kontrak yang akan menambah nilai aset keuangan dan liabilitas keuangan selama perusahaan beroperasi.

Contoh pertanyaaan tentang audit surat berharga dan investasi berkaitan dengan tujuan pemeriksaannya. Long term investment adalah investasi jangka panjang yang dilaksanakan oleh perusahaan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan selama menjalankan aktivitas bisnisnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Deposit In Transit dan Outstanding Check

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Surat Berharga

Contoh soal audit pemeriksaan surat berharga dan investasi akan membagikan macam-macam investasi entitas. Investasi dimiliki hingga jatuh tempo, investasi untuk diperdagangkan akan meningkatkan kemampuan perusahaan dapat mengklasifikasikan akun laporan keuangannya.

Contoh kasus audit surat berharga diawali dengan prosedur keluarnya anggota sekutu dalam persekutuan. Perusahaan berafiliasi adalah perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dan membentuk hubungan antara induk perusahaan dan anak perusahaan ketika menjalankan aktivitas bisnisnya.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan surat berharga terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan saldo deposito sebesar Rp 584.000.000. Berdasarkan pemeriksaan akuntan publik, sebesar Rp 14.000.000 tidak memiliki bukti pemilikan deposito jangka panjang. Bagaimana teknik membuat jurnal penyesuaian yang diperlukan.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Bagaimana Prosedur Pemeriksaan Surat Berharga yang Disarankan?

Bagaimana prosedur pemeriksaan surat berharga yang disarankan dapat membuat kertas kerja pemeriksaan. Induk perusahaan dapat menggunakan metode ekuitas dan metode biaya ketika terjadi penggabungan usaha dengan sistem konsolidasi, sistem merger dan sistem akuisisi saham pihak ketiga.

Pertanyaan uji substantif dan uji compliance terjadi ketika entitas induk melaksanakan kebijakan pembayaran kepada perusahaan. Mengapat surat berharga banyak digunakan pelaku bisnis? karena adanya keinginan mengusai perusahaan lain untuk mempermudah jalannya kegiatan produksi barang jadi.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan surat berharga dan investasi diawali dengan menentukan persentase penguasaan induk perusahaan terhadap anak perusahaan. Contoh surat berharga seperti saham, obligasi, deposito dan tabungan jangka panjang. Adapun jurnal penyesuaian yang dibuat berdasarkan kasus praktikum audit adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Kas Rp 14.000.000
Deposito Jangka Panjang Rp 14.000.000

Baca Juga: Tujuan Pemeriksaan Surat Berharga

Demikian contoh soal audit pemeriksaan surat berharga dan investasi jangka panjang untuk mengelola sistem pembayaran dan penagihan perusahaan. Tujuan pembelian surat berharga adalah menggabungkan kegiatan usaha agar sirkulasi kegiatan produksi berjalan sesuai perencanaan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Surat Berharga dan Investasi"