Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing)

Konten [Tampil]

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan proses merupakan aktivitas pembuatan barang jadi secara bersama-sama walaupun belum terjadi pemesanan dari pelanggan. Pembebanan biaya adalah proses mengalokasikan pengeluaran perusahaan selama kegiatan produksi ke seluruh jumlah produk yang berhasil dibuat.

Contoh soal dan jawaban laporan biaya produksi 2 departemen tentu mengggunakan aliran prodses produksi secara berurutan, secara paralel atau secara selektif. Unit ekuivalen biaya bahan baku, biaya overhead pabrik dan tenaga kerja wajib diperhitungkan dalam menentukan harga pokok produksi perusahaan.

Perhitungan biaya berdasarkan job order costing dan process costing menjadi pembebanan biaya yang sering dilakukan perusahaan. Entitas dapat menghitung total biaya produksi didasarkan seluruh pengeluaran perusahaan selama menjalankan kegiatan produksi sesuai tingkat penggunaan bahan baku dan biaya konversi.

Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing)

Contoh Laporan Biaya Produksi 2 Departemen Perusahaan Manufaktur

Contoh laporan biaya produksi 2 departemen perusahaan manufaktur akan memaksimalkan penggunaan bahan baku untuk kegiatan produksi. Aliran proses produksi dapat disesuaikan dengan proses produksi yang sama untuk beberapa jenis barang yang memungkinkan penggunaan bahan langsung dan bahan penolong.

Pengertian laporan biaya produksi adalah laporan yang memuat informasi penggunaan bahan baku dan biaya konversi sebagai dasar pembuatan barang jadi. Karakteristik utama process costing adalah proses produksi dilaksanakan secara massal dan berkelanjutan mengikuti spesifikasi yang ditentukan pelanggan.

Materi harga pokok proses dua departemen akan terjadi dengan aliran produk secara paralel dan selektif. Perhitungan total biaya dan biaya per unit produk akan diselenggarakan setiap akhir bulan. Process costing akan membebankan seluruh biaya produk cacat dan rusak ke dalam barang jadi.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Buku Besar Pembantu Persediaan

Contoh Soal Process Costing dan Jawabannya

Contoh soal process costing dan jawabannya merupakan cara yang dipergunakan perusahaan untuk menentukan harga pokok produksi. HPP menjadi dasar bagi perusahaan menentukan harga jual agar tidak menderita kerugian setelah terjadinya kesepakatan harga jual dan beli produk di masa mendatang.

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan proses akan mengakui biaya produksi per satuan. Unit ekuivalen adalah total produksi yang mampu dibuat perusahaan dengan menggunakan biaya produk dan biaya periodik. Biaya periodik adalah biaya bulanan yang harus ditanggung walaupun tidak menjalankan operasional.

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dikenal dengan istilah process costing. Akuntansi bahan baku, akuntansi tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik harus dapat mengklasifikasikan seluruh penggunaan kas untuk kegiatan produksi. CV Staff Accouting mempunyai kartu pesanan sebagai berikut:

KeteranganDepartemen Perakitan
Produk
- Dimasukkan kegiatan produksi98.033 Unit
-- produk selesai dan   ditransfer ke departemen lain97.053 Unit
-- produk dalam proses980 Unit
Biaya
- biaya bahan Rp 644.000.000
- biaya tenaga kerja Rp 963.000.000
- biaya overhead pabrik Rp 907.000.000
Tingkat penyelesaian
- biaya bahan100%
- biaya konversi75%

Baca Juga: Macam-Macam Biaya Produk dan Biaya Periodik

Cara Membuat Laporan Biaya Produksi 2 Departemen

Cara membuat laporan biaya produksi 2 departemen diperuntukkan untuk mempertanggungjawabkan dana perusahaan dalam pembelian bahan baku dan pembayaran tenaga kerja langsung. Biaya pesanan akan lebih mahal dikarena adanya spesifikasi khusus yang diminta oleh pelanggan yang berbeda dengan produk perusahaan.

Cara Menghitung Unit Ekuivalen

Bagaimana cara menghitung unit ekuivalen dalam menentukan harga pokok produksi? hal ini akan berpengaruh terhadap biaya yang dibebankan untuk setiap produk jadi. Produk rusak, produk catat dan produk kurang layak jual akan membebani process costing dan job order costing milik perusahaan.

Penentuan unit ekuivalen ditentukan berdasarkan tingkat penyelesaian bahan baku dan biaya konversi. Unit ekuivalen akan memperhitungkan secara proporsional atas persentase produk dalam proses. Adapun langkah-langkah menghitung pembebanan biaya produk sebagai berikut:

*Pembebanan Produk
Elemen BiayaTotal BiayaUnit EkuivalenBiaya Per Produk
- biaya bahan Rp 644.000.000 97.053 Unit980 Unit98.033 Unit Rp 6.569
- biaya tenaga kerja Rp 963.000.000 97.053 Unit735 Unit97.788 Unit Rp 9.848
- biaya overhead pabrik Rp 907.000.000 97.053 Unit735 Unit97.788 Unit Rp 9.275
Total Biaya Rp 2.514.000.000 Rp 25.692

Cara Menghitung Pertanggungjawaban Biaya Produk

Cara menghitung pertanggungjawaban biaya produk akan mengalokasikan pengeluaran perusahaan ke dalam produk jadi dan produk dalam proses. Tingkat penyelesaian produk menjadi faktor penentu besarnya biaya atas barang jadi yang dapat diperjualbelikan kepada pelanggan akhir periode.

Produk dalam proses akan memerlukan proses lebih lanjut untuk menjadi produk jadi. Tingkat penyelesaian menjadi dasar bagi entitas agar dapat mempertanggungjawabkan seluruh pengeluaran dalam proses pembuatan produk. Adapun cara menghitung pertanggungjawaban biaya produk sebagai berikut

* Pertanggungjawaban Biaya
Elemen BiayaUnit ProduksiHarga ProdukTotal Biaya
1 Produk Jadi97.053 Unit Rp 25.692 Rp 2.493.506.762
2 Produk dalam proses
- biaya bahan980 Unit Rp 6.569 Rp 6.437.832
- biaya tenaga kerja735 Unit Rp 9.848 Rp 7.238.158
- biaya overhead pabrik735 Unit Rp 9.275 Rp 6.817.248
Total Biaya Rp 2.514.000.000

Baca Juga: Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Pesanan

Demikian contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan proses atau process costing. Karakteristik utama process costing adalah kegiatan produksi dilaksanakan secara massal tanpa mempertimbangkan ada tidaknya pesanan dari pelanggan dan proses pembebanan biaya akan dilaksanakan setelah proses produksi bulanan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing)"