Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya menjadi dasar bagi akuntan perusahaan untuk mengakui persediaan barang dagang di perusahaan lain. Barang konsinyasi adalah barang yang dititipkan oleh pengamanat kepada komisioner untuk diperdagangkan dimasa mendatang.

Contoh soal dan jawaban penjualan konsinyasi bagi pengamanat dan komisioner bertujuan agar entitas dapat memperhitungkan jumlah penghasilan komisi yang harus dibayarkan ke komisioner. Akibat jika sampai akhir periode masih ada barang konsinyasi yang belum laku maka berkurangnya penghasilan bagi penjual.

Materi konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan terdiri dari pengakuan komisi yang harus dibayarkan oleh pengamanat. Jika barang konsinyasi tidak mampu dijual maka siapakah yang menderita kerugian yaitu pihak yang sudah mengeluarkan biaya promosi dan biaya pengiriman barang ke gudang penjual.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Siapa itu Pengamanat dan Komisioner

Pengamanat adalah pihak yang memiliki barang konsinyasi dan meminta bantuan kepada pihak lain untuk memperdagangkannya disertai pembayaran insentif tertentu. Komisioner adalah pihak yang memperdagangkan barang konsinyasi dan akan menerima penghasilan komisi untuk setiap unit yang berhasil dijualkan.

Siapa itu pengamanat dan komisioner dalam penjualan konsinyasi perlu dipertimbangkan dan dibuatkan akta perjanjian jual beli. Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya akan memberikan keuntungan bagi pengamanat berupa kenaikan penghasilan dan promosi gratis dari penjualnya.

Siapa itu komisioner dan pengamanat dalam penjualan konsinyasi yaitu pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi penjualan dengan syarat. Barang konsinyasi tidak terutang pajak pertambahan nilai dikarenakan belum adanya kenaikan tambahan manfaat ekonomis ketika terjadi penyerahan barang antar perusahaan.

Baca Juga: Bagaimana Pencatatan Barang Konsinyasi di Akhir Periode

Apakah Keuntungan Penjualan Konsinyasi Bagi Pengamanat dan Komisioner

Apakah keuntungan penjualan konsinyasi bagi pengamanat dan komisioner terletak pada penghasilan komisi dan kas yang disetorkan oleh penjual. Bagaimana akibatnya jika sampai akhir periode masih ada barang konsinyasi yang belum laku terjual dapat diakui secara proporsional beban komisi yang harus dibayarkan.

Keuntungan penjualan konsinyasi bagi pengamanat adalah meningkatkan promosi barang untuk pencegahan terjadinya kecurangan pengakuan persediaan barang dagang. Barang konsinyasi adalah barang titipan pihak lain sehingga komisioner tidak boleh mengakuinya sebagai kekayaan perusahaan.

Keuntungan penjualan konsinyasi bagi komisioner adalah mendapatkan penghasilan komisi atas barang yang berhasil dijualnya. Semua biaya yang berhubungan dengan barang konsinyasi akan menjadi biaya pengamanat mulai dari pengiriman barang jadi sampai barang berhasil diperdagangkannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Pendapatan Komisi bagi Komisioner

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya dapat menjadi tujuan pembentukan perusahaan. Pengertian penjualan konsinyasi adalah penjualan yang dilakukan dengan menggunakan barang dagang pihak ketiga dan perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari komisi yang diberikan.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi pengamanat terjadi ketika CV Staff Accounting mengirimkan barang kepada CV Staff Finance sebanyak 60 buah dengan harga pokok Rp 52.000 dan harga jual Rp 190.000. Biaya komisi yang dibebankan sebesar 10% dari penjualan dan ongkos kirim barang sebesar Rp 50.000. Buatlah jurnal penjualan konsinyasi yang diperlukan?

Isi surat perjanjian konsinyasi adalah kesepakatan antara pemilik barang dengan penyalur barang dagangnya. Consignee dan consignor berperan untuk memaksimalkan keuntungan atas penyerahan barang kepada pelangganya. Adapun jurnal penjualan konsinyasi bagi pengamanat yang harus dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2022KK - Barang Konsinyasi Rp 3.120.000
Persediaan Barang Rp 3.120.000
01/01/2022KK - Biaya Angkut Rp 50.000
Kas Rp 50.000
01/01/2022KK - Biaya Promosi Rp 1.140.000
Piutang CV Staff Finance Rp 10.260.000
KK - Penjualan Rp 11.400.000
30/01/2022KK - Penjualan Rp 11.400.000
   KK- Barang Konsinyasi Rp 3.120.000
KK - Biaya Angkut Rp 50.000
KK - Biaya Promosi Rp 1.140.000
Laba Penjualan Rp 7.090.000

Baca Juga: Karakteristik Penjualan Konsinyasi

Demikian contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses harus dikerjakan untuk melaksanakan pembebanan biaya operasional dengan tujuan perhitungan harga pokok produksi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya"