Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan jawabannya akan terjadi ketika akuntan publik menemukan bukti audit yang mengakibatkan ketidakwajaran saldo laporan keuangan. Perubahan kebijakan akuntansi dan estimasi akuntansi mengakibatkan setoran pajak penghasilan yang berbeda juga.

Contoh kasus perubahan kebijakan akuntansi, koreksi kesalahan dan perubahan estimasi akuntansi berdampak pada arus kas perusahaan dimasa depan. Kesalahan pencatatan ditimbulkan ketika terjadi pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan laporan keuangan yang tidak sesuai psak atau standar akuntansi.

Perubahan umur manfaat aktiva tetap berarti terjadi penambahan atau pengurangan usia manfaat yang diakibatkan adanya pengeluaran biaya pemeliharaan barang dimasa depan. Entitas mengungkapkan perubahan kebijakan akuntansi yang berdampak periode berjalan dan perkiraannya diperiode mendatang.

Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Jawabannya

Pengertian Koreksi Kesalahan Periode Lalu

Pengertian koreksi kesalahan periode lalu menurut para ahli adalah kelalaian mencantumkan informasi keuangan pada jurnal umum untuk satu atau lebih dan berakibat pada kegagalan pembuatan keputusan taktis. Laporan keuangan dianggap tidak sesuai psak ketika terdapat kesalahan material dan tidak memenuhi standar audit.

Sebutkan pihak-pihak yang terkait dalam koreksi kesalahan periode lalu adalah seluruh pihak berkepentingan yang mengakibatkan adanya perubahan sistem informasi keuangannya. Kesalahan yang disebabkan sifat alamiah terjadi saat entitas menggunakan akun yang memiliki risiko bawaan dan risiko pengendalian.

Pengertian koreksi kesalahan periode lalu menurut para ahli adalah belum dicatatnya sebuah bukti transaksi atau kesalahan dalam perhitungan nilai nominal tagihan kepada pelanggan atau pemasok. Perubahan kebijakan akuntansi dan estimasi akuntansi berdampak pada pembayaran pph tahunan badan usaha.

Baca Juga: Contoh Kasus Utang yang Dapat Dikonversi dan Pembahasannya

Pihak-Pihak yang Terkait dalam Koreksi Kesalahan Periode Lalu

Pihak-pihak yang terkait dalam koreksi kesalahan periode lalu perlu memperlihatkan efek informasi yang kurang saji dalam laporan posisi keuangan. Estimasi akuntansi adalah jangka waktu yang diharapkan dari pemakaian aktiva tetap dan aset lancar perusahaan sesuai pengalamannya dimasa lampau.

Bagaimana melakukan koreksi kesalahan atas pengeluaran belanja dan penerimaan kas dapat menggunakan jurnal penyesuaian. Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan jawabannya memerlukan bantuan jurnal penyesuaian agar transaksi berjalan sesuai keadaan yang sebenarnya terjadi di perusahaan.

Sebutkan pihak-pihak yang terkait dalam koreksi kesalahan periode lalu, periode sekarang dan periode mendatang adalah pelanggan dan supplier. Jika dampak di periode mendatang tidak dapat diungkapkan karena estimasi tidak handa maka entitas diharuskan mengungkapkan fakta yang berhubungan dengan saldo laporan keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Pengumuman Pembagian Dividen dan Jawabannya

Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Jawabannya

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan jawabannya diasumsikan entitas telah lalai dalam mencatat bukti transaksi dan memperhitungkan kinerja perusahaan. Karakteristik kesalahan pencatatan adalah dampak kesalahan material, kekeliruan interpretasi fakta dan kecurangan para pemegang sahamnya.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan harus mengeluarkan biaya audit. Biaya audit adalah pengeluaran kas untuk mendatangkan auditor eksternal untuk menguji kewajaran saldo laporan keuangan yang sejalan aktivitas bisnis perusahaan dimasa depannya.

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu terjadi ketika CV Staff Accounting salah mencatat saldo persediaan akhir sebesar Rp 800.000 dimana saldo penghasilan Rp 90.000.000 dan hpp Rp 12.200.000. Pada tahun selanjutnya CV Staff Accounting menerima penghasilan sebesar Rp 133.000.000 dan hpp Rp 34.000.000. Bagaimana cara menghitung laba kotornya?

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya

Demikian contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dalam materi akuntansi keuangan menengah. Kesalahan yang berulang dan sistematis diakibatkan perubahan anggota staff accounting setiap periodenya. Ayat jurnal koreksi perlu dibuat agar entitas mengalami kepastian tentang nilai tagihannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Jawabannya"