Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah Bagi Komisioner

Konten [Tampil]

Contoh laporan penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi komisioner harus mempertimbangkan informasi pendapatan dan biaya selama menjalankan proses produksinya. Pengukuran kinerja keuangan dapat dilakukan setiap periodenya untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan taktis bagi manajemen.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi komisioner hanya berkaitan dengan siklus pendapatan komisi. Perbedaan konsinyasi, konsinyi dan konsinyor harus diterangkan pada akta perjanjian kerjasama bisnis terutama berkaitan dengan cara pergantian biaya yang dikeluarkan oleh komisionernya.

Penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari sering dilakukan oleh ibu-ibu yang memiliki beberapa resep makanan. Metode terpisah dan metode tidak terpisah dapat disesuaikan dengan kebijakan akuntansi yang sudah diterapkan di perusahaan. Laporan penjualan konsinyasi bertujuan agar komisioner menerima komisinya.

Contoh Laporan Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah Bagi Komisioner

Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari sering dilakukan oleh perusahaan perseorangan. Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang didirikan oleh satu orang sebagai pemilik sekaligus penanggungjawab atas setiap aktiva, liabilitas dan ekuitas untuk setiap aktivitas operasional bisnisnya.

Contoh laporan penjualan konsinyasi harus dapat memberikan informasi berkaitan dengan jumlah barang terjual, harga jual dan biaya yang berhubungan dengan terciptanya penjualan. Metode laba terpisah dan metode laba tidak terpisah disesuaikan dengan kepentingan dari manajemen dalam pengukuran kinerja keuangan.

Penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari tidak akan mengubah hak pemilikan barang ketika mengirimkan barang ke gudang komisioner. Pendapatan komisi hanya didapatkan oleh komisioner untuk setiap barang yang berhasil di jual. Adapun contoh transaksi sistem konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari adalah

  1. Penjualan makanan ringan
  2. Penjualan barang jadi yang habis pakai
  3. Penitipan pakaian untuk diperdagangkan

Baca Juga: Apa itu Sistem Konsinyasi? Kelebihan dan Kekurangan Penjualan Konsinyasi

Istilah dalam Penjualan Konsinyasi

Istilah dalam penjualan konsinyasi harus diterangkan dan disepakati oleh para pihak agar terhindar dari salah penafsiran informasi. Pengertian penjualan konsinyasi adalah penjualan yang dilakukan pihak ketiga untuk mendapatkan pendapatan komisi sesuai tingkat penjualan kotor diperiode berjalan.

Pengamanat (Consignor)

Siapa itu pengamanat dalam penjualan konsinyasi yaitu orang yang memiliki barang secara sah dan diakui sebagai persediaan dalam laporan keuangannya. Konsinyor berperan sebagai penyedia barang dan jasa kepada komisioner sebagai perhitungan harga pokok produksi untuk unit yang berhasil terjual.

Komisioner (Consignee)

Siapa itu komisioner dalam penjualan konsinyasi yaitu orang yang menerima titipan barang dan bertugas memasarkar produk milik pengamanat. Konsinyi berperan sebagai perantara terjadinya transaksi penjualan dengan sistem konsinyasi dan tidak mempunyai hak milik terhadap barang tersebut.

Konsinyasi Keluar (Consignment Out)

Konsinyasi keluar adalah akun yang dipergunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan barang titipan kepada komisioner. Consignment out harus dikendalikan dengan adanya pemberian laporan penjualan konsinyasi di setiap akhir bulan oleh komisioner.

Konsinyasi Masuk (Consignment In)

Konsinyasi masuk adalah akun yang digunakan untuk mencatat riwayat pengiriman barang dari pengamanat. Consigment in menjadi rekening dalam laporan keuangan ketika contoh laporan penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan laba tidak terpisah diterapkan bagi komisioner.

Baca Juga: Contoh Pilihan Ganda dan Soal Essay Audit Pemeriksaan Barang Konsinyasi

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi komisioner harus dilaksanakan dengan memprioritaskan pada penerapan sistem pengendalian internal. Barang konsinyasi yang tidak laku terjual atau masih sisa diakhir bulan akan dianggap sebagai persediaan barang bagi pengamanat dilaporan keuangan.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner dan pengamanat dapat menerapkan metode laba terpisah dan metode laba tidak terpisah. Seluruh informasi berkaitan dengan sistem konsinyasi akan dicacat ke dalam akun konsinyasi keluar dan akun konsinyasi masuk sesuai pihak yang terlibat.

Contoh laporan penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi komisioner terjadi ketika CV Staff Accounting menerima kiriman barang konsinyai sebanyak 110 dengan harga jual Rp 68.000. CV Staff Accounting mengeluarkan biaya promosi sebesar Rp 100.000 dan akan menerima pendapatan komisi sebesar 15%. Bagaimana jurnal penjualan yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/10/2022Konsinyasi Masuk - Biaya Promosi Rp 100.000
Kas Rp 100.000
01/10/2022Konsinyasi Masuk - Penjualan Barang Rp 7.480.000
Kas Rp 7.480.000
31/10/2022Konsinyasi Masuk - Biaya Komisi Rp 1.122.000
Pendapatan Komisi Rp 1.122.000
31/10/2022Konsinyasi Masuk Rp 6.258.000
Hutang kepada Pengamanat Rp 6.258.000
31/10/2022Pendapatan Komisi Rp 1.122.000
Laba rugi Rp 1.122.000

Baca Juga: Contoh Kasus Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Demikian contoh laporan penjualan konsinyasi metode laba terpisah yang diterbitkan oleh komisioner untuk dapat menerima penghasilan dari pengamanat. Barang konsinyasi yang tersisa sampai akhir bulan dan tidak laku terjual akan diperhitungkan secara proporsional terutama masalah uang muka penjualan.

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah Bagi Komisioner"