Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pendapatan Kontrak Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian

Konten [Tampil]

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian bertujuan agar entitas tetap mendapatkan omzet walaupun belum menerima kas dan setara kas sebagai penghasilannya. Kontrak kontruksi adalah kerjasama pembangunan gedung dan kantor dalam waktu lebih dari satu periode akuntansi.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian hendaknya dijadikan dasar bagi lawan transaksi untuk mengadakan kegiatan bisnis. Penghasilan dari pendapatan kontrak terdiri dari nilai kesepakatan awal dan penyimpangan dalam pengerjaan pekerjaan, klaim bahkan insentif lainnya.

Kelebihan dan kekurangan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian dihubungkan dengan alokasi informasi keuangan sesuai kebijakan akuntansinya. Pengakuan pendapatan konstruksi diatur pada PSAK 72 tentang kekayaan yang tersimpan pada lawan transaksi sesuai informasi keuangan perusahaan tersebut.

Contoh Soal Pendapatan Kontrak Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian

Komponen Pendapatan Kontrak Konstruksi

Komponen pendapatan kontrak konstruksi terdiri dari aset tunggal dan gabungan dari pembuatan beberapa aset keuangan. Perusahaan kontruksi dapat mengerjakan proses pembangunan gedung dan kantor bahkan penghancuran atau restorasi aset sesuai permintaan dari klien dengan kontrak harga tetap atau harga biaya plus.

Penyimpanan Kontrak

Penyimpangan kontrak adalah segala aktivitas perusahaan yang diberikan kepada pelanggan tentang perubahan dalam lingkup pengerjaan pembuatan produk yang didasarkan pada kontrak awal. Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian harus mengungkapkan adanya penyimpangan tertentu.

Klaim

Klaim adalah jumlah yang diminta kontraktor atas pergantian biaya-biaya yang tidak sesuai kesepakatan awal. Pengukuran pendapatan dari klaim kontraktor tidak dapat diukur dengan handal karena bergantung kepada negosiasi dan persetujuan dari pelanggan sampai akhir pembuatan bangunan.

Pembayaran Insentif

Pembayaran insentif adalah nilai yang harus dibayarkan kepada kontraktor ketika melampaui standar tertentu yang telah disetujui. Pembayaran insentif akan diakui sebagai pendapatan kontrak ketika entitas kemungkinan pelanggan telah mencapai target yang ditentukan pada awal perjanjian kerjasama disepakati.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kontrak Kontruksi

Contoh soal dan jawaban akuntansi kontrak konstruksi dapat berlangsung bagi lawan transaksi ketika mengadakan kerjasama bisnis. Akuntansi kontrak konstruksi meliputi informasi tentang bagaimana cara perusahaan mendapatkan penghasilan ketika entitas mengadakan kerjasama bisnis sesuai tujuannya.

Kapan perusahaan menggunakan metode persentase penyelesaian ketika jumlah pendapatan dan biaya kontrak dapat diukur dengan handal sesuai tingkat harga pasar yang berlaku. Biaya kontrak harus dapat diidentifikasi dengan jelas dan dibandingkan dengan perkiraan biaya awal periode pembuatan laporan keuangan.

Contoh soal pendapatan kontrak kontruksi metode persentase penyelesaian dalam akuntansi konvensional diatur pada PSAK 72. CV Loker Staff Accounting akan membangun gedung dengan nilai Rp 900 juta dan perkiraan biaya Rp 560 juta. Adapun rincian pemakaian biaya selama menjalankan aktivitas bisnis adalah

202020212022
Biaya yang harus dikeluarkan229,60 Juta470,40 Juta560,00 Juta
Perkiraan biaya selesai344,40 Juta188,16 Juta
kemajuan tagihan360,00 Juta342,00 Juta198,00 Juta
kas terkoleksi324,00 Juta273,60 Juta302,40 Juta

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Pengakuan Pendapatan Metode Persentase Penyelesaian

Contoh pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian layak dipertimbangkan oleh perusahaan kontrak konstruksi ketika mengakui penghasilannya. Penghasilan adalah tambahan kas dan setara kas selama satu periode dengan tujuan menambahkan kekayaan dan berasal dari daerah pabean atau luar daerah pabean.

Jurnal pengakuan pendapatan terdiri dari jurnal pengiriman pesanan pelanggan dan penerimaan pelunasan piutang. Kelebihan dan kekurangan metode persentase penyelesaian layak dipertimbangkan untuk memaksimalkan pengendalian internal terutama dalam hal perolehan hak kontrol entitas lainnya.

Contoh pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian akan mengakui penghasilan dari pekerjaan yang telah dijalankan dan belum dijalankan dimasa mendatang. Adapun cara menghitung pendapatan kontrak konstruksi sesuai prinsip akuntansi berterima umum adalah

202020212022
Harga Kontrak900,00 Juta900,00 Juta900,00 Juta
- Biaya dikeluarkan229,60 Juta470,40 Juta560,00 Juta
- Perkiraan biaya sampai selesai344,40 Juta188,16 Juta0,00 Juta
Perkiraan total laba kotor326,00 Juta241,44 Juta340,00 Juta
Persentase penyelesaian kontrak41%84%100%

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Demikian contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian dalam materi akuntansi keuangan menengah. Penyajian laporan keuangan harus mengungkapkan sementara selisih akun konstruksi dalam proses dalam necara saldo untuk tujuan mengetahui ketersediaan aktiva tetapnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pendapatan Kontrak Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian"