Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Rasio Likuiditas Jangka Pendek dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal rasio likuiditas jangka pendek dan jawabannya merupakan prosedur untuk menilai kemampuan perusahaan dalam pelunasan tagihan yang jatuh tempo. Pemenuhan kewajiban harus dilaksanakan sebelum entitas melakukan pembubaran dan pembagian kas kepada pemegang saham akhir.

Contoh soal rasio likuditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas perlu mempertimbangkan alokasi informasi keuangan disetiap tahunnya. Terdapat enam rasio likuiditas yang dipergunakan menilai kemampuan perusahaan dalam mempergunakan sumber daya keuangan untuk memenuhi tagihan yang jatuh tempo.

Bagaimana cara untuk meningkatkan rasio likuditas suatu perusahaan dagang, jasa dan manufaktur dapat menilai dari kebijakan termin pembayaran kepada pelanggan atau dari pemasok. Jika rasio likuiditas terlalu tinggi maka perusahaan akan mengalami kebanyakan kas dan setara kas yang penggunaannya kurang optimal.

Contoh Soal Rasio Likuiditas Jangka Pendek dan Jawabannya

Mengapa Rasio Likuiditas Sangat Penting Bagi Perusahaan?

Mengapa rasio likuditas sangat penting bagi perusahaan dikarenakan entitas harus membayarkan tagihan kepada pelanggan dengan mempergunakan aset lancar. Aktiva lancar adalah aset yang dapat diubah menjadi kas dan setara kas tanpa mengurangi nilai saldo dan tidak menunggu beberapa lama untuk proses perubahannya.

Mengapa rasio likuiditas sangat penting dalam analisis laporan keuangan sebab entitas wajib melunasi tagihan yang telah jatuh tempo. Keterlambatan pembayaran tagihan mengakibatkan pemasok kurang percaya lagi kepada perusahaan dan akan mengganti termin pembayarannya secara tunai sebelum pengiriman pesanan.

Mengapa likuditas sangat penting bagi perusahaan jasa dan dagang sebab aktiva lancar harus dapat membantu perusahaan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan membayarkan beberapa tagihan dari pelanggan. Apabila rasio likuiditas terlalu rendah menandakan perusahaan mengalami kesulitan keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Pengumuman Pembagian Dividen Saham

Macam-Macam Rasio Likuditas Jangka Pendek

Macam-macam rasio likuditas jangka pendek akan membantu calon investor menilai kemampuan perusahaan membayarkan tagihannya. Perputaran persediaan, piutang dan hutang menjadi dasar pemberian termin pembayaran kepada para nasabahnya setelah akhir masa laporan keuangan dijalankannya.

Pengertian Rasio Lancar (Current Ratio)

Pengertian rasio lancar adalah perhitungan kemampuan perusahaan untuk membayarkan hutang berdasarkan aktiva lancar yang dimilikinya. Aktiva lancar akan menunjukkan besarnya jumlah kas dan setara kas yang mampu dipergunakan melunasi tagihan atau memperoleh aktiva tetap selama satu periode.

Pengertian Quick Ratio

Pengertian quick ratio adalah perhitungan kemampuan perusahaan berdasarkan kepemilikan kas dan piutang untuk melunasi tagihan jatuh tempo. Jika likuiditas terlalu tinggi mengakibatkan entitas kurang memanfaatkan secara optimal keberadaan kas untuk menunjang keberlangsungan hidupnya mencari omzet penjualan.

Pengertian Rasio Aktivitas Modal Kerja

Pengertian rasio aktivitas modal kerja adalah rasio untuk memperhitungkan perputaran persediaan, hutang dan piutang dalam membantu aktivitas bisnis perusahaan. Contoh soal rasio likuiditas jangka pendek bertujuan mengakuisisi informasi pembayaran kepada pemasoknya sesuai termin pembayarannya.

Baca Juga: Analisis Time Series dan Forcasting Data Laporan Keuangan

Contoh Soal Rasio Likuiditas Jangka Pendek dan Perhitungannya

Contoh soal rasio likuiditas jangka pendek dan perhitungannya mengakibatkan perusahaan harus dapat memaksimalkan proses pemungutan pajak pertambahan nilai. Likuiditas adalah kemampuan pembayaran invoice dari pemasok dengan mempergunakan kas dan aktiva lancar lainnya selama satu periode.

Contoh soal rasio likuiditas jangka pendek harus mampu mengukur ketidakmampuan bisnis selama satu periode. Analisis likuiditas sangat penting bagi perusahaan sebab agar dapat membantu keberlanjutan informasi tagihan yang jatuh tempo. Rasio likuiditas terlalu tinggi menandakan kurang optimalnya penggunaan kas.

Cara download laporan keuangan di idx tahun lama bermanfaat bagi para mahasiswa akhir mengadakan penelitian tentang informasi keuangan perusahaan. Penelitian sekunder bertujuan mempercepat proses pemanipulasian data keuangan untuk tujuan audit internal dan pengambilan keputusan.

Contoh soal rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas terjadi ketika CV Staff Accounting melakukan publikasi laporan keuangan kepada para pemegang sahamnya. Adapun neraca saldo diakhir periode sebagai berikut

Laporan Keuangan
CV Staff Finance
31/12/2021
AktivaPassiva
- Kas Rp 227.379.310 - Hutang Dagang Rp 141.300.000
- Piutang Rp 292.344.828 - Hutang Bank Rp 376.800.000
- Persediaan Rp 129.931.034
- Aktiva Tetap Rp 292.344.828 - Modal Saham Biasa Rp 423.900.000
Jumlah Rp 942.000.000 Jumlah Rp 942.000.000

Cara Menghitung Current Ratio dan Quick Ratio

Cara menghitung current ratio dan quick ratio bertujuan agar entitas dapat memperpanjang masa pembayaran tagihannya. Kebijakan piutang atas penjualan barang yang tetap berakibat pada menaiknya rasio likuiditas selama satu periode dan berbanding terbalik dengan kebijakan hutangnya.

Contoh soal rasio likuiditas jangka pendek dapat menjadi pertimbangan bagi lawan transaksi untuk mengadakan kerjasama bisnis terutama jangka panjang. Ketepatan waktu pembayaran tagihan berakibat pada tertundanya pemberian informasi keuangan kepada para nasabahnya. Adapun perhitungan current ratio adalah

Current Ratio = Aset Lancar / Hutang Lancar * 100%
Current Ratio = Rp 227.379.310 / Rp 141.300.000 * 100%
Current Ratio = 161 %

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Profitabilitas dan Solvabilitas

Demikian contoh soal rasio likuiditas jangka pendek yang terdiri dari rasio lancar, quick ratio, rasio aktivitas perputaran persediaan hutang dan piutang selama satu periode. Investor harus menilai kemampuan jangka pendek perusahaan sebelum membeli saham biasa yang diterbitkan dipasar modal.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Rasio Likuiditas Jangka Pendek dan Jawabannya"