Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan akan dilaksanakan oleh perusahaan ketika menilai kembali aset tetap jangka panjangnya. Konsep materialitas adalah kelalaian ketika mencantumkan informasi berdampak pada pengambilan keputusan yang dilaksanakan manajemen secara bersama-sama.

Faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam menentukan kebijakan akuntansi adalah tingkat materialitas dan sifat pos laporan keuangan. Pengertian kebijakan akuntansi adalah prinsip dan standar yang digunakan perusahaan untuk memproses bukti transaksi untuk menyusun dan menyajikan laporan keuangan.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan dalam akuntansi keuangan menengah perlu mempertimbangkan informasi keuangannya selama menjalankan aktivitas publiknya. Ruang lingkup psak 25 mengatur tentang perubahan estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan dimasa lalu ketika dilaksanakan audit.

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi, Estimasi Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan harus diselenggarakan dengan memastikan adanya kondisi keuangan yang berlaku. Laporan posisi keuangan berisikan informasi perihal kekayaan yang berasal dari hutang dan ekuitas para pemegang sahamnya.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan. Contoh kasus pemeriksaan aktiva tetap, kas dan setara kas harus dapat membuktikan bahwa perusahaan telah menerapkan pernyataan standar akuntansi keuangan ketika menjalankan aktivitas bisnisnya.

Contoh soal koreksi kesalahan periode lalu dan estimasi akuntansi terjadi ketika CV Staff Accounting mengeluarkan biaya perbaikan kendaraan senilai Rp 9.000.000 yang dapat menambah umur manfaat selama 1 tahun. Apabila biaya perolehan aset sebesar Rp 72.000.000 dan usia manfaat selama 8 tahun dan telah berjalan 2 tahun. Berapakah nilai perubahan akuntansi keuangan menengah?

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pengumuman Pembagian Dividen Saham dan Tunai

Hal-Hal yang Mengakibatkan Perubahan Kebijakan Akuntansi

Hal-hal yang mengakibatkan perubahan kebijakan akuntansi diantaranya adanya pengeluaran perusahaan untuk meningkatkan omzet dan manfaat penggunaan aktiva tetap. Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan untuk membantu kegiatan produksi berupa mesin, kendaraan dan bangunan.

Sebutkan hal-hal apa saja yang mengakibatkan terjadinya perubahan akuntansi adalah pengeluaran perusahaan yang bersifat material. Pengertian kebijakan akuntansi adalah dasar dan prinsip yang dipegang oleh perusahaan ketika mencatat seluruh informasi keuangan berdasarkan bukti transaksinya.

Perubahan estimasi akuntansi biasanya diperlukan untuk menguji kebebasan perusahaan mengeluarkan estimasi keuangan. Contoh perubahan kebijakan akuntansi terdiri dari perubahan terhadap metode penyusutan, penilaian biaya perolehan, sistem penentuan nilai persediaan akhir dan amortisasi aktiva tak berwujud.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Koreksi Kesalahan Akuntansi di Masa Lalu

Contoh soal jurnal koreksi kesalahan akuntansi di masa lalu berdampak pada pemberian informasi keuangan perusahaan. Entitas diwajibkan melaporkan seluruh informasi keuangannya sesuai standar akuntansi agar dapat mengakibatkan terjadinya pencatatan sesuai prinsip keberlangsungan usaha dan materialitas.

Apabila terjadi perubahan kebijakan akuntansi secara retrospektif maka entitas tidak dibenarkan untuk merevisi transaksi dimasa lampau. Kesalahan pencatatan hendaknya dilakukan pembuatan jurnal koreksi setelah diagendakan proses pemeriksaan laporan keuangan sesuai standar auditing yang berlaku.

Apakah akibat adanya perubahan estimasi dalam akuntansi adalah entitas mengalami kerugian yang diakibatkan adanya kesalahan pemberian informasi keuangan. Prinsip materialitas artinya kesalahan dalam mencantumkan informasi keuangan berdampak pada pengambilan keputusan taktis. Adapun cara menghitung nilai penyusutan setelah perubahan masa manfaat adalah

Harga Perolehan Rp 72.000.000
Akumulasi penyusutan Rp 18.000.000
Nilai Buku Rp 54.000.000
Tambahan biaya Rp 9.000.000
Biaya perolehan baru Rp 63.000.000
Masa manfaat baru7 Tahun
Beban penyusutan Rp 9.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Aset dan Liabilitas Pajak Tangguhan

Demikian contoh soal perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan diperiode lalu. Agar entitas dapat memberikan informasi secara real time maka diwajibkan entitas dapat melaksanakan kebijakan akuntansi bersamaan dengan ketentuan umum perpajakan yang diterapkan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan"