Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya menjadi materi akuntansi biaya semester 5 di perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang jadi dengan menggunakan bahan baku dan biaya konversi agar sesuai produk keinginan dari pelanggan atau customer.

Contoh soal menghitung biaya bahan baku menjadi beban utama atas kegiatan produksi barang jadi. Entitas diwajibkan melaporkan seluruh informasi keuangan terutama pendapatan dan biaya untuk mencegah terjadinya kerusakan atas sistem informasi keuangan yang tercipta dalam internal controlnya.

Biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik merupakan komponen pengeluaran perusahaan ketika menciptakan barang sesuai keinginannya. Biaya transportasi harus dipertimbangkan perusahaan ketika mengirimkan pesanan ke gudang pembeli dengan FOB shipping point.

https://www.staffaccounting.my.id/2022/05/contoh-soal-aset-dan-liabilitas-pajak-tangguhan.html

Sistem Pengendalian Internal Pembelian Bahan Baku

Sistem pengendalian internal pembelian bahan baku diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin menambah manfaat ekonomis dari produk dan jasa yang dimilikinya. Perusahaan memperoleh penghasilan dari berjualan barang jadi, jasa dan pertukaran aset tetap dengan aset lancar sesuai nilai buku dan akumulasi penyusutannya.

Cara menentukan biaya bahan baku dapat dipertimbangkan dengan acuan sistem pengendalian internal pembelian barang. Pembelian adalah aktivitas menukarkan kekayaan perusahaan dengan barang dan jasa sesuai tujuan kegiatan produksi atau maintenance alat produksi untuk menghasilkan keuntungan lainnya.

Sistem pengendalian internal pembelian bahan baku diawali dengan dimilikinya bukti permintaan dan pesanan dari departemen terkait. Laporan penerimaan barang harus disetujui oleh pejabat perusahaan yang berwenang agar setiap aliran barang yang keluar masuk ke gudang mendapatkan izin dan tercatat di sistem pembukuan perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Biaya Bahan Baku Menurut Para Ahli

Contoh Soal Akuntansi Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi biaya bahan baku danjawabannya harus mempertimbangkan kebijakan akuntansi terutama siklus pembelian dan penjualan. Sistem perolehan bahan baku seharusnya diawali dengan adanya permintaan dari departemen terkait tentang pemenuhan bahan baku dan bahan penolongnya.

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya merupakan unsur biaya utama dalam kegiatan produksi. Biaya bahan tidak hanya berupa harga beli dari supplier melainkan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan agar bahan dapat masuk ke kegiatan produksi seperti biaya pengiriman dan biaya bea cukai.

Contoh soal akuntansi biaya bahan baku dapat menggunakan metode penilaian persediaan yaitu metode identifikasi khusus, metode rata-rata tertimbang, metode masuk pertama keluar pertama. CV Staff Accouting melakukan pendataan tentang aliran barang masuk dan keluar dari gudang sebagai berikut:

TanggalKeteranganKuantitasBiaya per Unit
01/08/2022Stock Awal500250
15/08/2022Beli540275
17/08/2022Jual900
21/08/2022Beli150280
27/08/2022Beli300290
31/08/2022Jual400

Baca Juga: Perbedaan Sistem Perpetual dan Sistem Periodik

Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Metode Fisik Periodik

Cara menghitung nilai persediaan akhir metode masuk pertama keluar pertama dengan sistem periodik bertujuan agar perusahaan dapat menurunkan harga pokok produksi. Harga pokok produksi adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakan barang dan jasa sesuai keinginan dari pelanggannya.

Cara menghitung biaya bahan baku dan jawabannya diasumsikan bahan baku yang dibeli pertama kali merupakan biaya yang digunakan perusahaan untuk kegiatan produksi pertama kali. Aliran biaya bahan akan mengikuti aliran keluar masuknya barang di gudang untuk memudahkan pencarian masa kadaluarsa produknya.

Contoh soal biaya bahan baku bertujuan agar perusahaan manufaktur dapat mengetahui harga jual yang diberikan ke pelanggan. Sistem perpetual dan sistem periodik dapat dijalankan agar entitas mengetahui berapakah dasar penentuan biaya yang dapat dikurangkan dari penghasilan kena pajaknya.

Adapun contoh perhitungan biaya bahan baku metode masuk pertama keluar pertama sistem periodik adalah

Qty Harga Subtotal
Persediaan Awal500 Rp 250 Rp 125.000
Pembelian
15/08/2022540275 Rp 148.500
21/08/2022150280 Rp 42.000
27/08/2022300290 Rp 87.000
Barang tersedia untuk dijual Rp 402.500
Persediaan Akhir190 Rp 290 Rp 55.100
Biaya Bahan Rp 347.400

Baca Juga: Contoh Jurnal Pemakaian Bahan Baku dan Bahan Penolong

Demikian contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya dalam materi akuntansi biaya untuk menentukan harga jual produk. Rasio liabilitas, likuiditas, profitabilitas dan rentabilitas harus digunakan untuk menilai kelayakan dari perusahaan ketika mengajukan pinjaman jangka panjang di perbankan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya"