Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung ROA di Laporan Keuangan Perusahaan Terbuka

Konten [Tampil]

Cara menghitung roa di laporan keuangan perusahaan terbuka bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang tambahan informasi keuangan selama satu periode akuntansi. Return of asset adalah perbandingan antara modal perusahaan dengan penghasilan yang didapatkan untuk evaluasi kinerja keuangannya.

Contoh soal return of asset pada laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia mengakibatkan entitas mendapatkan tawaran tambahan ekuitas dari masyarakat. Penerbitan saham bertujuan meningkatkan sumber daya modal perusahaan diserta tanggungjawab penggunaannya selama satu periode.

Perbedaan roa dan roe terletak pada ekuitas dan harta kekayaan yang dibandingkan dengan penghasilan. Semakin tinggi return of asset menandakan entitas mampu memberikan imbal balik sesuai harapan dari investor. Nilai roa standar adalah 6% setiap tahunnya mengikuti nilai dividen tunai yang akan diberikan.

Cara Menghitung ROA di Laporan Keuangan Perusahaan Terbuka

Apa itu ROA dalam Laporan Keuangan

Pengertian return of asset menurut para ahli adalah kemampuan entitas menghasilan keuntungan ditahun berjalan dengan mempergunakan aktiva miliknya. Margin kontribusi dan perputaran aset total harus diupayakan menjadi pertambahan nilai bagi perusahaan ketika mendistribusikan informasi keuangannya.

Komponen return of asset dalam laporan keuangan terdiri dari profit margin dan perputaran aktiva tetap. Profit margin adalah kemampuan menekan biaya seminimal mungkin untuk mendapatkan laba yang besar. Perputaran aktiva tetap adalah mengukur aktivitas penggunaan aset lancar dan aset tetap perusahaan satu periode.

Apa itu roa dalam laporan keuangan adalah nilai yang menjadi dasar investor mau menanamkan dana di perusahaan. Nilai standar roa yang baik adalah 6,01%. Apabila perusahaan mampu memberikan nilai roa diatas standar 6,01% berarti nilai roa dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang baik dalam segi penghasilannya.

Baca Juga: Contoh Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Karyawan

Contoh Soal Return of Asset dan Jawabannya

Contoh soal return of asset dan jawabannya dalam analisis laporan keuangan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan investor mau memberikan dananya. Semakin tinggi nilai roa menandakan perusahaan semakin baik dalam memberikan laba atau imbal balik investasinya dimasa mendatang.

Contoh soal dan jawaban return of asset dari laporan posisi keuangan perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia menjadi salah satu informasi data sekunder. Data sekunder adalah data yang didapatkan oleh peneliti dari buku, majalah dan pihak ketiga tanpa melibatkan pihak pertama dalam penelitian.

Contoh soal return of asset pada laporan keuangan CV Staff Accounting yang berhasil mencatatkan laba sebesar Rp 40.000.000, biaya bunga Rp 7.000.000 dan total aset rata-rata sebesar Rp 204.000.000. Hitunglah nilai roa dan berikan kesimpulan hasil analisis laporan keuangan perusahaan sesuai tujuan pembentukan entitas?

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Jawabannya

Cara Menghitung ROA pada Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dan Dagang

Cara menghitung roa pada laporan keuangan perusahaan jasa dan dagang hendaknya menjadi pertimbangan seorang investor mau menanamkan dana diperusahaan. Saham adalah bukti investor yang telah menyetorkan dana sesuai riwayat pembentukan persekutuan dan perseroan terbatas satu periode.

Cara menghitung roa dari laporan keuangan adalah membandingkan antara laba yang didapatkan dengan total aset untuk memperoleh penghasilan tersebut. Komponen roa terdiri dari profit margin dan perputaran nilai aktiva tetap. Setiap aktiva harus dapat mencerminkan informasi keuangan perusahaan.

Bagaimana cara menghitung nilai return of asset dari laporan keuangan hendaknya dijadika dasar bagi lawan transaksi untuk mengadakan kegiatan administrasi perpajakan. Perbandingan roa dan roa akan terletak pada sumber daya keuangan yaitu ekuitas atau total aset untuk mencari laba. Adapun perhitungan rumus roa sebagai berikut:

Return of Asset = ( Laba + Bunga ) / Total Aset Rata-Rata
Return of Asset = ( Rp 40.000.000 + Rp 7.000.000) / Rp 204.000.000
Return of Asset = 23%

Baca Juga: Perbedaan ROA, ROE dan ROI di Laporan Keuangan

Demikian cara menghitung roa di laporan keuangan perusahaan terbuka dalam materi analisis laporan posisi keuangan. Kesimpulannya apabila nilai return of asset semakin tinggi menandakan semakin bagus manajemen perusahaan dapat upaya menciptakan laba untuk mensejahterakan pemegang sahamnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung ROA di Laporan Keuangan Perusahaan Terbuka"