Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik pada Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya overhead pabrik pada perusahaan manufaktur bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang proses pembebanan biaya. BOP applied adalah biaya dibebankan ke dalam produk melalui proses penentuan tarif biaya overhead pabrik pada kapasitas yang sesungguhnya terjadi di perusahaan.

Cara menghitung tarif biaya overhead pabrik yang telah ditetapkan sebelumnya layak menjadi pertimbangan seorang investor ketika menginvestasikan dana di perusahaan. Mengapa perusahaan harus menyusun anggaran bop applied dikarenakan adanya penggunaan bahan penolong dan tenaga kerja tidak langsung.

Kumpulan pertanyaan tentang biaya overhead pabrik akan terjadi ketika entitas menetapkan kebijakan pembayaran tagihan jangka panjang. Selisih bop dapat dibebankan ke produk jadi sebagai pengurang hpp, penambah pendapatan lain-lain untuk alokasi keuntungan serta kerugian yang ditanggung oleh entitas tersebut.

Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik pada Perusahaan Manufaktur

Kumpulan Petanyaan Tentang Biaya Overhead Pabrik

Kumpulan pertanyaan tentang biaya overhead pabrik terjadi ketika perusahaan menetapkan standar pembebanan bop ke produk jadinya. Pemilihan kapasitas produksi yang tepat bertujuan agar dapat mensosialiasikan seluruh informasi penggunaan kekayaan perusahaan selama satu periode akuntansinya.

Kumpulan pertanyaan tentang biaya overhead pabrik ditujukan untuk membantu perusahaan memperhitungkan selisih antara anggaran bop dengan bop yang sesungguhnya. Pengertian bop applied adalah biaya yang sesungguhnya terjadi di perusahaan ketika menyelenggarakan kegiatan produksi sesuai perencanaan.

Cara menghitung tarif overhead yang telah ditetapkan sebelumnya layak menjadi pertimbangan seorang investor ketika menarik data dari entitas. Penentuan tarif biaya overhead pabrik dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu menyusun anggaran, memilih dasar pembebanan dan menetapkan kapasitas produksi yang digunakan.

Baca Juga: Contoh Kasus Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik dan jawabannya akan dilaksanakan setelah entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihannya. Dasar pembebanan bop aktual dan anggaran bop dapat dipergunakan setiap periodenya untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi setiap periodenya.

Penentuan tarif biaya overhead pabrik dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu penyusunan anggaran, penentukan dasar pembebanan dan penetapan kapasitas produksi setiap satu periode. Langkah-langkah menghitung biaya produksi digunakan setiap satu periode untuk mencantumkan informasi keuangannya.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik terjadi ketika CV Staff Accounting berhasil memproduksi barang sebanyak 70.000 unit dengan biaya Rp 900.000.000. BOP aktual yang terjadi sebesar Rp 800.000.000 untuk menciptakan barang sebanyak 69.000 unit. Berapakah nilai selisih bop tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Rasio Profitabilitas dan Rasio Rentabilitas

Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Cara menghitung biaya overhead pabrik dan jawabannya menjadikan entitas bertanggungjawab ketika mengadakan kebijakan bisnisnya. Perusahaan manufaktur adalah entitas yang ingin mendapatkan kepastian tentang pengeluaran kas untuk membuat produk jadi melalui bahan baku dan biaya konversi.

Contoh soal biaya overhead pabrik pada perusahaan manufaktur diawali dengan menyusun anggaran bop yang disesuaikan pengeluaran perusahaan. Dasar pembebanan bop menjadi awal bagi entitas untuk menetapkan kapasitas perusahaan yang sesungguhnya terjadi di akhir periode akuntansi.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik memiliki dasar pembebanan biaya seperti satuan produk, jam mesin, jam tenaga kerja, biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung. Adapun cara menghitung anggaran bop adalah

Tarif BOP per Unit = Rp 900.000.000 / 70.000 unit
Tarif BOP per Unit = Rp 12.857

Cara menghitung pembebanan biaya overhead pabrik ke bop applied diperuntukkan bagi entitas yang ingin menyelenggarakkan kegiatan bisnisnya. Bop applied adalah biaya overhead pabrik yang ditentukan berdasarkan tarif kapasitas sesungguhnya terjadi diperusahaan. Cara menghitung bop applied adalah

Tarif BOP Applied = Rp 12.857 * 69.000 unit
Tarif BOP Applied = Rp 887.133.000

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Demikian contoh soal biaya overhead pabrik pada perusahaan manufaktur melalui proses pembebanan biaya. Pengertian pembebanan biaya adalah prosedur pemisahan biaya bersama ke biaya per unit produk yang dihasilkan selama satu periode untuk meyakinkan seluruh informasi keuangan selama satu periode.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik pada Perusahaan Manufaktur"