Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Pembelian dengan PPn Metode Perpetual Beserta Uang Muka

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pembelian dengan ppn metode perpetual beserta uang muka pembelian bertujuan agar perusahaan mendapatkan faktur pajak atas pembayaran yang dilaksanakan. Setiap barang yang diterima oleh perusahaan berdasarkan permintaannya akan ditagihkan oleh supplier sesuai harga jual yang disepakati.

Jurnal untuk pembelian kredit dengan ppn dan metode perpetual bertujuan agar perusahaan memperoleh termin pembayaran. Pembelian kredit dan pembelian tunai bergantung hubungan kerjasama yang telah terjadi dengan supplier. Supplier akan memberikan jangka waktu pembayaran ketika sudah mengetahui kualitas pembayaran nasabah.

Contoh soal pembelian barang dagang secara tunai dan kredit berdampak pada kondisi keuangan perusahaan. Pembelian adalah aktivitas meminta supplier untuk menyediakan barang jadi atau bahan baku untuk kegiatan produksi sesuai kuantitas dan kualitas yang diinginkan oleh pembeli sebelum terjadi pengiriman barang.

Contoh Soal Jurnal Pembelian dengan PPn Metode Perpetual Beserta Uang Muka

Contoh Soal Pembelian Bahan Baku Secara Tunai dan Kredit

Contoh soal pembelian bahan baku secara tunai dan kredit dilaksanakan setiap kali proses produksi dijalankan perusahaan. Entitas diharapkan dapat menyelenggarakan kebijakan keuangannya untuk melaksanakan aktivitas bisnis sesuai periode pelaporan mengikuti aturan perpajakan yang berlaku.

Pengertian pembelian tunai adalah pengadaan bahan baku dan barang jadi sesuai pesanan dimana pengiriman akan dilaksanakan setelah pembeli melaksanakan pembayaran. Pembelian tunai berakibat pada pengeluaran kas untuk membayarkan pesanan sebelum barang dikirimkan sesuai fob shipping point dan fob destination point.

Pengertian pembelian kredit adalah penerimaan barang dagang dari supplier setelah purchase order diberikan. Contoh soal jurnal pembelian dengan ppn metode perpetual beserta uang muka bertujuan agar supplier diberikan modal untuk mengerjakan pesanan pelanggan sesuai spesifikasi barang yang dimintanya.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi

Contoh Soal Jurnal Uang Muka Pembelian Barang Dagang dan Jawabannya

Contoh soal jurnal uang muka pembelian barang dagang dan jawabannya diselenggarakan setelah entitas mengadakan kebijakan bisnisnya. Uang muka pembelian adalah kas yang diberikan kepada supplier sebagai modal awal untuk mengerjakan pesanan pelanggan dan mempercepat proses pengiriman.

Contoh soal jurnal pembelian dengan ppn metode perpetual beserta uang muka menjadi objek pajak pertambahan nilai. Tarif ppn 11% akan dikenakan untuk setiap penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak setelah perusahaan berstatus sebagai pengusaha kena pajak dan memotongkan pph 23 yang berlaku.

Contoh jurnal pembelian secara kredit terjadi ketika CV Staff Accounting yang membeli barang senilai Rp 50.000 belum ppn. CV Staff Accounting memberikan dp pengerjakan produk sebesar Rp 200.000. Buatlah jurnal uang muka pembelian, jurnal penerimaan barang, jurnal pencatatan invoice dari supplier tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Jurnal Penyesuaiannya

Jurnal Uang Muka Pembelian dan Penerimaan Invoice dari Supplier

Jurnal uang muka pembelian dan penerimaan invoice dari supplier merupakan aktivitas yang diselenggarakan perusahaan untuk memastikan prosedur pencatatan akuntansinya. Setiap wajib pajak berhak untuk meneriman faktur pajak ketika membeli barang untuk dijadikan pajak masukan ketika melaporkan spt masa ppn.

PPn masukan dan ppn keluaran merupakan aktivitas membandingkan antara pemungutan pajak pembelian dan penjualan perusahaan diakhir periode. PPN kurang bayar dan ppn lebih bayar akan terjadi dimana perusahaan wajib melunasi tagihan setelah entitas mengadakan kerjasama bisnisnya.

Contoh soal jurnal pembelian dengan ppn metode perpetual beserta uang muka atas pengeluaran kas perusahaan dagang dan jasa dapat menjadi pedoman ketika menyelenggarakan aktivitas pembelian. Aktivitas pembelian meliputi pemesanan barang, penerimaan barang, penerimaan faktur dan invoice, pencatatan retur dan prosedur pembayaran.

Adapun jurnal uang muka pembelian dan penerimaan invoice dari supplier dengan ppn adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Uang Muka Pembelian Rp 20.000
PPN Masukan Rp 2.200
Hutang Usaha Rp 22.200
(Jurnal penerimaan faktur pajak uang muka)
06/08/2022Persediaan Rp 50.000
Penerimaan Barang Rp 50.000
(Jurnal penerimaan barang pihak gudang)
06/08/2022Penerimaan Barang Rp 50.000
PPN Masukan Rp 3.300
Hutang Usaha Rp 33.300
Uang Muka Pembelian Rp 20.000
(Jurnal pencatatan invoice dari supplier)
11/08/2022Hutang Usaha Rp 33.300
Kas Rp 33.300
(Jurnal pembayaran tagihan)

Baca Juga: Perbedaan Persediaan Metode Perpetual dan Metode Periodik

Demikian contoh soal jurnal pembelian dengan ppn metode perpetual beserta uang muka yang menjadi materi akuntansi pengantar. Setiap penjualan dan pembelian harus memperoleh informasi faktur pajak ketika perusahaan sudah menjadi pengusaha kena pajak yang menjalankan pemungutan ppn dan pph.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Pembelian dengan PPn Metode Perpetual Beserta Uang Muka"