Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Menghitung Return on Equity (ROE) di Laporan Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal menghitung return on equity atau roe di laporan keuangan bertujuan agar pemegang saham dapat memperoleh imbal balik atas investasinya setelah pelunasan hutang pihak ketiga dan pembayaran dividen saham preferen. Perbedaan saham biasa dan saham preferen perlu diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan.

Cara mencari roe di laporan keuangan terletak pada company profile perusahaan setiap tahunnya. Nilai roe yang baik adalah semakin kecil dan berbanding terbalik dengan return on asset. Dividen saham preferen adalah bagi hasil investasi berdasarkan tingkat penggunaan modal perusahaan yang disesuaikan hak kontrolnya.

Cara menghitung return on equity dengan excel bertujuan agar analisis sebelum pembelian saham dapat diselenggarakan. Jika nilai roe minus atau roe negatif artinya perusahaan memiliki kategori kurang baik dalam menghasilkan income atau pendapatan ketika menggunakan modal dari pemegang saham yang berlangsung.

Contoh Soal Menghitung Return on Equity (ROE) di Laporan Keuangan

Contoh Soal Return on Equity di Laporan Keuangan

Contoh soal return on equity di laporan keuangan menjadi pertimbangan seseorang dalam melakukan investasi jangka panjang. Nilai standar ROE yang bagus terletak diatas 8,32% setiap tahunnya. Jika nilai roe negatif atau roe minus menandakan perusahaan tidak memiliki ketepatan pembayaran tagihan jangka panjang.

Contoh soal menghitung return on equity pada laporan keuangan dapat mencerminkan nilai leverage. Leverage merupakan pertimbangan investor untuk pelunasan hutang jangka pendek dengan total aktiva lancar yang dimilikinya. Cara menaikkan nilai roe adalah memperkecil liabilitas kepada pihak ketiganya.

Contoh soal return on equity roe di laporan keuangan terjadi ketika CV Staff Accounting mendapatkan laba senilai Rp 93.000.000 dan membagikan dividen saham preferen senilai Rp 3.000.000. Apabila nilai rata-rata saham biasa yang beredar sebesar Rp 12.300.000. Berapakah nilai roe yang baik di CV Staff Accounting tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja Karyawan Jangka Panjang

Cara Menghitung ROE dengan Excel

Cara menghitung roe dengan excel melibatkan pertimbangan tentang saham biasa dan saham preferen. Saham preferen adalah saham yang diperuntukkan bagi pendiri perusahaan dan memiliki kelebihan daripada saham biasa. Transaksi penjualan saham biasa akan dikenakan pajak final sesuai ketentuan umum perpajakan.

Cara menghitung return on equity dengan excel akan mempermudah penilaian informasi keuangan yang diatribusikan oleh pemegang saham. Fungsi roe adalah memaksimalkan keuntungan perusahaan sesuai nilai saham biasa dan saham preferen yang beredar sejalan aktivitas bisnis sesuai pembentukannya.

Contoh perhitungan return on equity di laporan keuangan bertujuan agar perhitungan leverage terdiri dari common earning leverage dengan leverage struktur modal dalam dicantumkan. Leverage struktur modal artinya seberapa besar aktiva lancar dan aktiva tetap perusahaan dibiayai oleh modal pemegang saham sendiri.

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Cara Mencari ROE di Laporan Keuangan

Contoh soal menghitung return on equity di laporan keuangan berdampak pada kepercayaan penggunaan dana perusahaan. Entitas diwajibkan melaporkan setiap mutasi penjualan dan pembelian saham tertentu. Modal ditanam dan modal disetor menjadi informasi awal pendirian perusahaan sesuai fasenya.

Cara mencari roe di laporan keuangan harus dapat menggunakan informasi keuangan sejalan aktivitas bisnis tertentu. Laba per lembar saham merupakan informasi tentang keuntungan yang didapatkan pemegang saham per saham yang telah dibelinya. Satuan pembelian saham adalah lot dimana 1 lot samadengan 100 lembar saham.

Cara mencari roe di laporan keuangan dapat langsung menghitung dari laporan laba rugi komprehensif dan total rata-rata aktiva. Perubahan laba ditahan merupakan keuntungan yang didapatkan perusahaan tetapi belum dibagikan karena persetujuan dari rapat umum pemegang saham. Adapun cara menghitung return on equity adalah

Rumus Return on Equity = (Total aktiva - Dividen Saham) / Total Saham Biasa
Rumus Return on Equity = (Rp 93.000.000 - Rp 3.000.000) / Rp 12.300.000
Rumus Return on Equity = 7,31%

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Rasio Likuiditas Jangka Panjang dan Rumusnya

Demikian contoh soal menghitung return on equity atau roe di laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia. Setiap perusahaan wajib melampirkan seluruh informasi keuangannya selama menjalankan aktivitas bisnis agar sesuai dengan ketentuan umum yang berlaku di perusahaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Menghitung Return on Equity (ROE) di Laporan Keuangan"