Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Proforma Invoice dan Sales Order di Accurate

Konten [Tampil]

Cara membuat proforma invoice dan sales order di accurate merupakan prosedur yang digunakan perusahaan untuk memastikan pesanan penjualan tersampaikan. Software komputer akuntansi accurate merupakan aplikasi akuntansi yang dipergunakan membuat laporan posisi keuangan dan kinerja sesuai periodenya.

Cara input pesanan penjualan di accurate bertujuan agar pesanan pelanggan dapat dipastikan telah masuk ke perusahaan. Surat pesanan atau purchase order artinya informasi barang yang diinginkan pelanggan sesuai kuantitas dan kualitas. Purchase order harus diberikan tanda mengklasifikasikan status transaksinya.

Langkah-langkah membuat proforma invoice dan sales order di accurate adalah aktivitas perusahaan mengalokasikan kebijakan tertentu. Setiap penambahan dan pengurangan tagihan hendaknya disesuaikan aturan perpajakan yang berlaku. Pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai merupakan kewajiban pengusaha.

Cara Membuat Proforma Invoice dan Sales Order di Accurate

Apa itu Proforma Invoice atau Sales Order?

Pengertian proforma invoice atau sales order di accurate adalah gambaran tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan untuk meminta percepatan proses pemesanan barang. Barang dan jasa dapat diberikan kepada pelanggan untuk memastikan tingkat kepastian pembayaran tagihan sebelum termin pembayarannya.

Apa itu proforma invoice menurut para ahli adalah tagihan sementara yang dapat dibayarkan oleh pelanggan yang ingin segera mendapatkan pesanannya. Invoice adalah tagihan akhir yang akan dikenakan untuk penyerahan barang dan jasa kena pajak di daerah pabean sesuai periode yang dilakukannya transaksi tersebut.

Pengertian sales order adalah surat konfirmasi pesanan yang diberikan penjual atas purchase order yang diterima. Proforma invoice berguna sebagai alat konfirmasi harga jual yang diberikan marketing lapangan. Setiap penjual berhak menentukan harga jual dan kuantitas minimal yang harus dipesan pelanggan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Persediaan di Accurate Online

Cara Membuat Proforma Invoice di Accurate

Cara membuat proforma invoice di accurate merupakan prosedur perusahaan untuk memastikan surat pesanan pelanggan sesuai surat jalannya. Pengiriman barang dagang hendaknya disesuaikan purchase order untuk menghindari adanya pengembalian barang dan jasa yang tidak sesuai keinginan pelanggan.

Langkah-langkah membuat proforma invoice di accurate bertujuan agar pihak gudang mengirimkan barang sesuai pesanan. Sales order berfungsi sebagai surat konfirmasi harga jual, nama barang dan kuantitas barang yang dipesan pelanggan. Ketidaksesuaian pembuatan proforma invoice berakibat pada penurunan kepercayaan pembeli.

Cara membuat proforma invoice di accurate dapat diselenggarakan melalui modul penjualan. Modul penjualan terdiri dari menu penawaran penjualan, pesanan penjualan, pengiriman pesanan dan faktur penjualan. Sales invoice dan purchase invoice menjadi tolak ukur tagihan bagi pelanggan dan pemasok.

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Kas Bank di Accurate

Langkah-Langkah Input Sales Order di Accurate yang Berasal dari Purchase Order Pelanggan

Langkah-langkah input sales order di accurate yang berasal dari purchase order pelanggan merupakan aktivitas perusahaan mengalokasikan informasi keuagan. Tujuan memasukkan sales order di accurate adalah memastikan harga jual, nama barang dan kuantitas barang yang dipesan oleh pelanggan satu periode.

Langkah-langkah input sales order di accurate menjadi aktivitas utama setelah perusahaan menerima surat pesanan barang. Pihak marketing akan menyampaikan ke departemen gudang atau penyimpanan produk jadi agar dapat mengirimkan barang sesuai sales order. Proforma invoice diciptakan untuk meminta uang muka penjualan.

Cara membuat proforma invoice dan sales order di accurate memerlukan informasi perihal npwp atau identitas pelanggan. Setiap pelanggan harus memberikan npwp, alamat pengiriman barang dan nama marketingnya. Adapun prosedur menggunakan modul penjualan di accurate sebagai berikut:


Baca Juga: Cara Membuat Database Accurate Baru di Accurate Desktop 5

Demikian cara membuat proforma invoice dan sales order di accurate dalam materi praktikum akuntansi keuangan menengah. Program komputer akuntansi bermanfaat agar pembuatan laporan posisi keuangan dapat diselenggarakan dengan cepat dan pemegang saham dapat menentukan arah tujuan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Proforma Invoice dan Sales Order di Accurate"