Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Metode Penyusutan Jumlah Angka Tahun dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh metode penyusutan jumlah angka tahun dan jurnal pencatatannya dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan. Biaya perolehan, akumulasi penyusutan aktiva tetap dan nilai buku merupakan informasi wajib dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan perusahan.

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu bertujuan agar perusahaan dapat memperhitungkan biaya pemakaian aset berdasarkan kebijakan akuntansinya. Beban penyusutan bukan berarti perusahaan mempersiapkan kas untuk membeli aset ketika masa pakainya telah berakhir.

Contoh soal depresiasi metode jumlah angka tahun, metode garis lurus, metode saldo menurun berganda dan metode satuan unit produksi berdampak pada koreksi fiskal. Adanya peraturan pemakaian metode tertentu pada saat memperhitungkan biaya penyusutan yang dikenakan berdasarkan peraturan perpajakan yang ada.

Contoh Metode Penyusutan Jumlah Angka Tahun dan Jurnal Pencatatannya

Apa yang Dimaksud dengan Metode Jumlah Angka Tahun

Metode jumlah angka tahun adalah metode perusahaan dalam rangka mengalokasikan biaya penyusutan berdasarkan perhitungan usia manfaat. Setiap perusahaan berhak menentukan umur manfaat aktiva tetap sesuai pertimbangan dan penerapan kebijakan akuntansi terutama ketika melaporkan spt pajak penghasilan badan.

Contoh metode penyusutan jumlah angka tahun dan jurnal pencatatannya dapat menjadi pedoman bagi calon karyawan yang mencari pekerjaan sebagai staff finance dan staff accounting. Staff finance berkaitan dengan prosedur pembayaran tagihan dan melaksanakan kegiatan penjadwalan proses pembayaran sesuai estimasinya.

Pengertian metode jumlah angka tahun menurut para ahli adalah langkah yang ditempuh perusahaan untuk mengalokasikan biaya perolehan berdasarkan perhitungan total umur manfaat aset. Kategori aktiva tetap ditujukan agar perusahaan dapat menyeimbangkan proses pencapaian informasi perpajakannya.

Baca Juga: Tugas dan Tanggungjawab Staff Accounting di Perusahaan

Contoh Soal Perhitungan Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal perhitungan penyusutan metode jumlah angka tahun merupakan aktivitas utama perusahaan ketika menyelenggarakan kegiatan pencatatan. Setiap perusahaan diharapkan mampu memberikan kepastian tentang pembayaran tagihan atas pembelian aset tetap sesuai harga jual tertentu.

Contoh metode penyusutan jumlah angka tahun dan jurnal pencatatannya berdampak pada prosedur koreksi fiskal. Koreksi fiskal adalah langkah menyesuaikan perhitungan biaya yang dapat mengurangi penghasilan kena pajak berdasarkan ketentuan umum perpajakan yang telah disepakati dengan menteri keuangan.

Contoh soal penyusutan aktiva tetap dengan metode jumlah angka tahun terjadi ketika CV Staff Accounting melaksanakan pembelian bangunan senilai Rp 55.000.000 dengan umur manfaat 4 tahun. Bagaimana cara menghitung beban depresiasi dan akumulasi jika menggunakan metode jumlah angka tahun atau sum's year?

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Cara Menghitung Beban Penyusutan dan Akumulasi Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Cara menghitung beban penyusutan dan akumulasi penyusutan metode jumlah angka tahun menjadi informasi pendukung pada catatan atas laporan posisi keuangan. Beban penyusutan adalah biaya atas pemakaian mesin, kendaraan, gudang dan bangunan selama satu periode untuk kegiatan operasionalnya.

Contoh metode penyusutan jumlah angka tahun dan jurnal pencatatannya dapat menjadi pedoman ketika entitas menyelenggarakan kebijakan akuntansi. Nilai residu merupakan nilai sisa yang diperkirakan didapatkan perusahaan diakhir periode saat terjadi penjualan aset tetap dengan pertimbangan tertentu.

Cara menghitung beban penyusutan dan akumulasi penyusutan dengan metode jumlah angka tahun harus dapat memastikan umur manfaat aset tetap. Setiap aktiva tetap memiliki batasan waktu pemakaian yang ditentukan oleh pabrikan dan dijadikan dasar pada catatan atas laporan posisi keuangan.

Tabel Penyusutan Aset Tetap
Tahun Pemakaian Biaya Perolehan Dasar Pembebanan Biaya Penyusutan
1 Rp 55.000.000 4 Rp 22.000.000
2 Rp 55.000.000 3 Rp 16.500.000
3 Rp 55.000.000 2 Rp 11.000.000
4 Rp 55.000.000 1 Rp 5.500.000

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dan Rumusnya

Demikian contoh metode penyusutan jumlah angka tahun dan jurnal pencatatannya dalam materi akuntansi pengantar. Akuntansi pengantar adalah salah satu mata kuliah pertama yang harus dilalui oleh mahasiswa jurusan akuntansi untuk menyelenggarakan pencatatan sesuai tingkat perkembangan bisnisnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Metode Penyusutan Jumlah Angka Tahun dan Jurnal Pencatatannya"