Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Asuransi Dibayar Dimuka dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh soal asuransi dibayar dimuka dan jurnal pencatatannya merupakan aktivitas perusahaan mengamankan aset tetap dari tindakan yang tidak terduga seperti kebakaran ataupun bencana alam lainnya. Asuransi menjadi dasar utama untuk keselamatan beberapa aktiva tetap yang dimiliki entitas.

Contoh jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah perihal aktiva tetap. Neraca saldo memuat informasi tentang aktiva dan passiva yang dimiliki perusahaan dalam rangka menjalankan aktivitas bisnis guna mencapai tujuan dari pemegang sahamnya.

Mengapa asuransi dibayar dimuka digolongkan sebagai aset sebab entitas telah melaksanakan pembayaran tetapi belum menggunakan manfaatnya secara penuh. Berikut ini yang tidak termasuk kelompok aktiva tetap harus dibedakan melalui catatan atas laporan posisi keuangan sesuai keberlangsungan hidup entitas publik.

Contoh Soal Asuransi Dibayar Dimuka dan Jurnal Pencatatannya

Pengertian Asuransi Dibayar Dimuka Menurut Para Ahli

Pengertian asuransi dibayar dimuka menurut para ahli adalah persekot yang dibayarkan perusahaan untuk menerima jaminan keamanan, ketertiban dan ganti rugi atas kehilangan aset sesuai nilai polis asuransi. Aset lancar adalah aset yang dipertimbangkan sebagai komponen harta kekayaan perusahaan selama satu periode.

Contoh soal asuransi dibayar dimuka dan junral pencatatannya dapat memberikan dampak pada persentase pemakaian nilai polis asuransi satu periode. Berikut ini yang tidak termasuk komponen aktiva tetap adalah kas, piutang dagang, cadangan kerugian piutang, perlengkapan kantor dan beban dibayarkan dimuka.

Apa yang dimaksud asuransi dibayar dimuka? Pengertian beban dibayar dimuka adalah pengeluaran perusahaan untuk masa mendatang yang dibayarkan sekarang sesuai nilai perjanjian kerjasama yang disepakati. Asuransi mengandung informasi perihal total pengeluaran perusahaan yang dialokasikan per jangka waktunya.

Baca Juga: Contoh Produk Asuransi di Perbankan Syariah

Contoh Soal Asuransi Dibayar Dimuka Perusahaan Dagang

Contoh soal asuransi dibayar dimuka pada perusahaan dagang dan jasa akan berdampak pada laporan laba rugi komprehensifnya. Standar akuntansi keuangan mewajibkan seluruh pencapaian perusahaan dioptimalkan agar mendapatkan laba sesuai tingkat perencanaan yang diajukan saat awal periode pembuatan barang.

Mengapa asuransi dibayar dimuka digolongkan sebagai aset sebab entitas belum mempergunakan secara penuh atas pembelian hak manfaat dan hak milik polis asuransi. Seluruh beban dibayar dimuka dilaporkan ke dalam neraca saldo dan berstatus sebagai akun riil serta digunakan selama jangka waktu kerjasamanya.

Contoh soal asuransi dibayar dimuka terjadi saat CV Staff Accounting menandatangangi polis asuransi senilai Rp 56.000.000 dalam jangka waktu 2 tahun secara tunai. Bagaimana jurnal penyesuaian apabila polis asuransi baru digunakan selama 4 bulan dan jurnal pembayaran asuransi secara tunai yang diperlukan?

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Asuransi Dibayar Dimuka

Pencatatan Ayat Jurnal Asuransi di Laporan Keuangan

Pencatatan ayat jurnal asuransi dibayar dimuka di laporan posisi keuangan berhak mengantisipasi seluruh pencapaian perusahaan berdasarkan tingkatan bisnisnya. Persekot asuransi adalah perjanjian penjaminan ganti rugi atas kebakaran dan bencana alam lainnya sesuai nilai pertanggungjawaban yang disepakati.

Jurnal Pembayaran Polis Asuransi Secara Tunai

Contoh soal asuransi dibayar dimuka dan jurna pencatatannya tentu memerluka asuransi agar barang yang disimpan dalam keadaan baik. Polis asuransi sebaiknya disimpan oleh departemen legal dan finance memiliki soft copy untuk memperhitungkan beban asuransi yang terjadi selama satu periodenya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/10/2022Asuransi Dibayar Dimuka Rp 56.000.000
PPN Masukan Rp 6.160.000
Bank Mandiri Rp 62.160.000

Jurnal Penyesuaian Beban Asuransi Selama Satu Bulan

Jurnal penyesuaian beban asuransi selama satu bulan hendaknya menyesuaikan jangka waktu pemakaian polis. Beban dibayar dimuka termasuk akun aktiva dan dilaporkan ke dalam sistem informasi perpajakan yang ada. Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka pada akhir tahun?

TanggalKeteranganDebitKredit
31/01/2023Beban Asuransi Rp 9.333.333
   Asuransi Dibayar Dimuka Rp 9.333.333

Baca Juga: Perbedaan Sewa dan Asuransi Dibayar Dimuka

Demikian contoh soal asuransi dibayar dimuka dan jurnal pencatatannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap perusahaan berhak membayarkan polis asuransi sesuai nilai pertanggngjawaban yang dimilikinya untuk mendapatkan manfaat ganti rugi apabila terjadi kebakaran gudang.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Asuransi Dibayar Dimuka dan Jurnal Pencatatannya"