Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Pertanyaan Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh pertanyaan pembagian laba rugi persekutuan firma merupakan metode bagi firma dalam membagikan laba ditahan selama satu periode. Laba ditahan adalah laba yang dapat digunakan perusahaan untuk menjalankan aktivitas bisnis sehingga terjadi peningkatkan modal dan kuantitas barang yang diproduksi oleh mesin.

Contoh soal pembagian laba rugi persekutuan terdapat beberapa metode diantaranya perbandingan yang telah disepakati, perbandingan modal awal, modal akhir dan modal rata-rata, pembagian laba rugi setelah dikurangi gaji dan bonus serta bunga modal rata-rata. Apabila tidak diatur secara khusus maka laba atau rugi akan dibagikan berdasarkan perbandingan sama besar.

Yang bukan merupakan cara pembagian rugi laba di persekutuan adalah entitas tidak diperkenankan mengakui laba ditahan selama beberapa periode. Mutasi modal adalah penambahan atau pengurangan modal yang telah disetorkan para sekutu setelah aktivitas jual beli barang dagang telah diselenggarakan.

2 Contoh Pertanyaan Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Apa itu Pembagian Laba Rugi Persekutuan dalam Akuntansi Keuangan Lanjutan

Pengertian pembagian laba rugi persekutuan menurut para ahli adalah tindakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan kekayaan yang diperoleh dari kinerja keuangan untuk dibentuk laba ditahan. Laba ditahan dapat dibagikan berdasarkan persentase tertentu yang didapatkan untuk memprioritaskan pembayaran tagihannya.

Contoh pertanyaan pembagian laba rugi persekutuan diwajibkan agar entitas dapat mengalokasikan informasi perpajakan terutama pajak penghasilan badan usaha. Laporan apa saja yang terdapat pada laporan keuangan untuk persekutuan diantaranya neraca saldo, catatan atas laporan posisi keuangan dan arus kas.

Apa itu pembagian laba rugi persekutuan dalam akuntansi keuangan lanjutan adalah informasi imbal balik atas kinerja keuangan yang akan didapatkan para sekutu. Perlu diingat, pembagian laba rugi persekutuan tidak terutang pajak penghasilan disebabkan bukan salah satu objek pajak yang wajib disetorkan ke kas negara.

Baca Juga: Tugas dan Tanggungjawab Staff Accounting di Perusahaan Manufaktur

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya pembagian laba atau rugi persekutuan wajib diketahui agar para sekutu mendapatkan hasil optimal dari investasi yang telah dilaksanakannya. Perusahaan swasta dan negeri diwajibkan membayarkan beban pajak penghasilan atas pelaksanaan kegiatan produksinya.

Contoh pertanyaan pembagian laba rugi persekutuan harus dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Akta pendirian firma harus meliputi perjanjian kerjasama yang digunakan untuk mengakuisisi informasi atau prosedur pembubaran, prosedur pembentukan dan prosedur perpindahan hak milik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya pembagian laba atau rugi persekutuan adalah tingkat partisipasi para anggota sekutu. Sekutu aktif akan mendapatkan bagian lebih besar daripada sekutu pasif disebabkan adanya pertimbangan aktivitas lebih yang diselenggarakan oleh para pemegang sahamnya.

Baca Juga: Contoh Subsequent Test dan Compliant Test Liabilitas Jangka Pendek

Contoh Soal Pembagian Laba atau Rugi Persekutuan Metode Modal Awal

Contoh soal pembagian laba atau rugi persekutuan metode modal awal dan modal akhir menjadi cara agar perusahaan dapat mendistribusikan keuntungan yang didapatkankan selama satu periode. Contoh kasus firma dapat menjadi acuan bagi perusahaan tatkala mengakuisisi informasi perpajakan selama satu periode.

Contoh kasus pembagian laba rugi persekutuan metode modal awal mewajibkan keseluruhan informasi keuangan dapat diatribusikan sesuai kemampuan entitas. Unlimited liability artinya para sekutu bertanggungjawab terhadap hutang pihak eksternal sampai harta milik pribadi sesuai tingkat kekayaannya.

Contoh perhitungan pembagian laba rugi persekutuan metode modal awal terjadi ketika CV Staff Accounting menyerahkan modal senilai Rp 90.000.000 dan rekan bisnis menyerahkan modal Rp 70.000.000. Atas modal tersebut, Firma yang didirikan menghasilkan keuntungan senilai Rp 45.000.000. Hitunglah keuntungan yang didapatkan oleh para sekutu tersebut.

NamaJumlah Modal Persentase Keuntungan Laba Ditahan Pembagian laba rugi
CV Staff Accounting Rp 90.000.000 56% Rp 45.000.000 Rp 25.312.500
Rekan Bisnis Rp 70.000.000 44% Rp 45.000.000 Rp 19.687.500

Baca Juga: Pengertian Management Letter dan Contohnya

Demikian contoh pertanyaan pembagian laba rugi persekutuan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan 1. Keseluruhan informasi keuangan wajib diatribusikan sesuai kemampuan perusahaan untuk mendatangkan keuntungan sehingga kinerja keuangan dapat dialokasikan sesuai tingkat keberlangsungan usahanya.

Posting Komentar untuk "2 Contoh Pertanyaan Pembagian Laba Rugi Persekutuan"