Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penerapan Just In Time Pada Perusahaan Manufaktur dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penerapan just in time pada perusahaan manufaktur dan jawabannya merupakan sistem perhitungan harga pokok produksi barang jadi sesuai kebutuhan perusahaan saat menjalankan kegiatan perencanaan barang. JIT, job order costing dan process costing menjadi tindakan perusahaan saat menyelenggarakan produksi.

Contoh soal just in time dan jawabannya terdiri dari kegiatan perencanaan produk, pembelian barang, pembayaran upah dan gaji serta pembebanan biaya overhead pabrik. Alasan perusahaan menerapkan JIT dalam proses produksi adalah mengeliminasi biaya yang tidak diperlukan atau pemborosan saat produksi berlangsung.

Penerapan just in time pada perusahaan yamaha menjadi pelopor akuntansi biaya. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses akan memperkecil kemungkinan hilangnya barang dalam proses produksi. Peningkatan value perusahaan terjadi saat entitas mengurangi produk cacat atau rusak sehingga efisiensi meningkat.

Contoh Soal Penerapan Just In Time Pada Perusahaan Manufaktur dan Jawabannya

Alasan Perusahaan Menerapkan Just In Time

Contoh soal penerapan just in time pada perusahaan manufaktur dan jawabannya bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat dimaksimalkan untuk menurunkan pemakaian gudang. Pembelian bahan baku hanya dilaksanakan untuk kegiatan produksi berdasarkan tingkat pemesanan barang sesuai kebutuhan pelanggannya.

Alasan perusahaan menerapkan just in time adalah mengeliminasikan aktivitas perusahaan yang tidak memberikan tambahan nilai dan berakibat pada pemborosan biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung. Tujuan JIT adalah mengurangi lead time dan biaya dalam proses pembelian bahan baku dari pemasoknya.

Mengapa dengan penerapan just in time dapat meningkatkan value perusahaan disebabkan entitas akan mudah memberitahukan kapan waktu pengiriman barang kepada pelanggan sesuai lead timenya. Keuntungan menggunakan metode JIT dalam perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses adalah

  1. Memastikan aliran produk berjalan lancar.
  2. Pengurangan waktu set up mesin dan kendaraan
  3. Pengurangan waktu tunggu atau lead time pesanan bahan baku
  4. Memperkuat pembelian bahan baku bermutu tinggi

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang Dagang

Contoh Soal Penerapan Just in Time pada Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

Contoh soal penerapan just in time pada perusahaan jasa, dagang dan manufaktur bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat digunakan secara maksimal dengan menekan biaya penyimpanan bahan baku di gudang. Konsep JIT akan mengurangi biaya pemakaian persediaan, meniadakan barang catat dan rusak bahkan meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Contoh soal penerapan just in time pada perusahaan manufaktur, jasa dan dagang perlu menghindari adanya koreksi kesalahan dari departemen akuntansi. Bagaimana JIT bisa memberikan efisiensi biaya ke perusahaan dengan mengurangi pemesanan bahan baku yang tidak sesuai karakteristik surat pesanan pelanggan.

Penerapan jit pada perusahaan yamaha menjadi patokan bagi entitas selama kegiatan produksi. Saldo akhir buku besar CV Staff Accounting terdiri dari persediaan barang jadi senilai Rp 80.000.000 dan persediaan bahan dan produk dalam proses senilai Rp 4.000.000. Bagaimana cara mencatat jurnal pembelian bahan, proses produksi dan perhitungan harga pokok barang jadi?

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Perusahaan dari Laporan Keuangan

Contoh Soal Just in Time dan Jawabannya

Contoh soal just in time dan jawabannya dimulai dari kegiatan pembelian bahan baku langsung sebesar Rp 24.000.000 dan bahan penolong Rp 12.000.000 secara tunai. Bagaimana cara mencatat ayat jurnal yang harus dibuat untuk mengalokasikan pembayaran kas kepada para pemasok perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Raw and in Process Rp 24.000.000
Perlengkapan Rp 12.000.000
Kas Rp 36.000.000
(jurnal pembelian bahan langsung dan perlengkapan tunai)
Biaya Overhead Pabrik Rp 12.000.000
Perlengkapan Rp 12.000.000
(Pemakaian perlengkapan selama bulan januari)

Mengapa Penerapan Just in Time dapat Meningkatkan Value Perusahaan

Mengapa penerapan just in time dapat meningkatkan value perusahaan sebab para pelanggan akan menerima schedul pengiriman setelah proses pembayaran uang muka penjualan. CV Staff Accounting membayarkan gaji sebesar Rp 85.000.000 yaitu untuk divisi produksi Rp 45.000.000, divisi pemasaran Rp 30.000.000 dan divisi administrasi Rp 10.000.000. Bagaimana jurnal yang harus dibuat perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
20/08/2022Biaya Gaji dan Upah Rp 85.000.000
Kas Rp 85.000.000
(Menghitung upah dan gaji seluruh karyawan)
Harga Pokok Produksi Rp 45.000.000
Beban pemasan Rp 30.000.000
Beban administrasi Rp 10.000.000
Biaya Gaji dan Upah Rp 85.000.000
(Distribusi upah dan gaji ke masing-masing departemen)

Cara Menghitung Nilai Persediaan Bahan Baku di Akhir Periode

Contoh soal penerapan just in time pada perusahaan manufaktur perlu mempertimbangkan adanya perhitungan harga pokok produk jadi. Kesejahteraan perusahaan diwajibkan dapat diatribusikan untuk kemampuan perusahaan setelah menyelenggarakan pencatatan sesuai kebutuhan perusahaan saat kegiatan administrasi.

Saldo awal bahanbaku Rp -
Pembelian bahan Rp 24.000.000
Saldo Akhir-Rp 4.000.000
Pemakaian Bahan Rp 20.000.000

Jurnal pemakaian bahan baku selama proses produksi perlu dicatat agar proses perhitungan biaya bahan untuk dijadikan harga pokok barang diselenggarakan secara wajar. Komponen bahan baku dari produk jadi menentukan tingkat pemakaian tenaga kerja langsung selama perencanaan pembuatan barang.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/08/2022Biaya overhead pabrik Rp 4.000.000
Akumulasi penyusutan Rp 2.300.000
Asuransi dibayar dimuka Rp 900.000
Kas Rp 800.000
(Pencatatan biaya overhead pabrik per periode)
Harga Pokok Produksi Rp 4.000.000
Biaya Overhead Pabrik Rp 4.000.000
(Pembebanan bop ke hpp)

Baca Juga: Bagaimana Just in Time dapat Memberikan Efisiensi Biaya ke Perusahaan

Demikian contoh soal penerapan just in time pada perusahaan manufaktur, jasa dan dagang yang ada di indonesia. Kelebihan dan kekurangan metode jit akan dikembangkan untuk mengatribusikan kemampuan perusahaan saat menyelenggarakan produksi sehingga selisih bop aktual dan bop dibebankan dapat dihitung.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penerapan Just In Time Pada Perusahaan Manufaktur dan Jawabannya"