Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap dan jurnal pencatatannya merupakan prosedur yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan kesempatan berbisnis. Setiap perusahaan harus mengapresiasi kekayaan yang dimilikinya dengan membayarkan gaji dan tunjangan karyawan secara tepat waktu sesuai kontrak kerjasama.

Bagaimana cara mencatat penghentian aktiva tetap di jurnal umum bertujuan agar setiap kekayaan perusahaan dapat diapresiasi sesuai tingkatan bisnis. Mengapa aktiva tetap tanah tidak mengalami depresiasi seperti jenis aktiva lainnya jelaskan sebab entitas akan mengalami kenaikan harga dari satu periode ke periode lainnya.

Hal-hal apa saja yang mempengaruhi nilai perolehan dan nilai buku harus difokuskan pada mencari keuntungan. Laba adalah keadaan perusahaan dimana kekayaan yang dimilikinya dapat digunakan membayarkan tagihan, mengurangi liabilitas tahun berjalan dan keseluruhan prosedur yang dialami entitas.

Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap dan Jurnal Pencatatannya

Mengapa Aktiva Tetap Harus Disusutkan Setiap Tahun

Mengapa aktiva tetap harus disusutkan setiap tahun? sebab setiap mesin, kendaraan dan bangunan memiliki hak untuk dipertimbangkan sebagai tambahan kekayaan perusahaan. Usia manfaat adalah perkiraan waktu yang diperoleh perusahaan untuk mengapresiasi kekayaan yang dimiliki ditahun berjalan.

Contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap dan jurnal pencatatannya merupakan rasio keuangan yang ditempuh perusahaan. Rasio keuangan adalah informasi perihal perbandingan antara saldo item-item aktiva, liabilitas dan ekuitas yang dimiliki. Rasio keuangan berguna menentukan imbal balik atas saham yang dibeli investor.

Mengapa aktiva tetap harus disusutkan setiap tahun? sebab entitas tidak diperkenankan mengakui adanya biaya pembelian aset tetap secara sekaligus ditahun pertama. Prosedur pengkategorian aset tetap diharapkan mampu memberikan imbal balik sesuai nilai yang ditargetkan saat manajemen laba.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pembubaran Firma dan Jawabannya

Alasan Perusahaan Menghapus atau Menjual Aktiva Tetap

Alasan perusahaan menghapus atau menjual aktiva tetap merupakan kegiatan perusahaan mengapresiasi setiap pertumbuhan bisnis. Keseluruhan transaksi harus dicatat sebab adanya indikasi mendapatkan penghasilan. Tujuan bisnis diselenggarakan adalah mendapatkan keuntungan ditahun berjalan.

Contoh soal penghentian aktiva tetap dan jurnal pencatatannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Saat aktiva tetap sudah di depresiasi secara penuh tetapi aset masih dapat digunakan, maka entitas tidak diperkenankan menyelenggarakan kegiatan depresiasi kembali.

Alasan perusahaan menghapus dan menjual aset tetap adalah memaksimalkan potensi keuntungan yang diperolehnya. Cara menentukan harga perolehan aktiva tetap didasarkan pada harga jual dan biaya percobaan aset. Penyusutan dimulai saat aset dapat menghasilkan barang sesuai tujuan pembeliannya.

Baca Juga: Cara Input Pembelian Aktiva Tetap di Accurate

Contoh Soal Jurnal Penghentian Pemakaian Aset Tetap dan Prosedurnya

Prosedur pelepasan aset tetap ditujukan bagi entitas yang akan menjual atau menghentikan pemakaiannya. Usia manfaat adalah batasan waktu aset dapat produktif menghasilkan barang. Setiap barang yang dihasilkan mengandung manfaat ekonomis yang disesuaikan kebutuhan saat transaksi dilakukan.

Contoh Soal Pelepasan Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal pelepasan aktiva tetap dan jawabannya merupakan prosedur sistem informasi kekayaan perusahaan yang digunakan setiap periodenya. Setiap pertumbuhan perusahaan harus disertai adanya catatan atas laporan posisi keuangan guna mengantisipasi adanya kebijakan bisnis yang telah diselenggarakannya.

Contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap terjadi ketika CV Staff Accounting yang mengajukan pinjaman untuk membeli modem wifi senilai Rp 10.000.000. Modem wifi ditaksir memiliki usia manfaat selama 2 tahun. Bagaimana jurnal penyusutan aktiva tetap yang harus dibuat saat akhir tahun pertama?

Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Straight Line Method

TanggalKeteranganDebitKredit
13/03/2023Biaya Depresiasi Aktiva Tetap Rp 5.000.000
Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 5.000.000

Jurnal Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Jurnal penghentian pemakaian aset tetap merupakan dasar bagi entitas untuk mengurangi jumlah aset yang dimilikinya. Setiap aset tentu dibeli dengan biaya yang material. Materialitas adalah kondisi dimana kesalahan menyampaikan informasi berakibat pada penurunan performa keuangan perusahaan.

TanggalKeteranganDebitKredit
15/03/2023 Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 5.000.000
Biaya penghentian pemakaian aset tetap Rp 5.000.000
Modem Wifi Rp 10.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Aktiva Tetap dan Kertas Kerja Pemeriksaannya

Demikian contoh soal penghentian pemakaian aset tetap dan jurnal pencatatannya dalam sistem informasi akuntansi. Persamaan dasar akuntansi adalah informasi dasar perihal kekayaan yang diatribusikan sesuai kebutuhan perusahaan. Pembelian aktiva harus mendapatkan persetujuan dari pejabat tertentu.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap dan Jurnal Pencatatannya"