Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Bunga Wesel dan Jangka Waktu Piutang Wesel

Konten [Tampil]

Cara menghitung bunga wesel dan jangka waktu piutang wesel menjadi tugas akuntan agar dapat menentukan biaya bunga dan pendapatan bunga pada akhir periode. Contoh soal wesel berbunga dan wesel tanpa bunga digunakan sebagai investasi perusahaan untuk beberapa periode yang akan datang.

Rumus perhitungan bunga wesel yang dinyatakan dalam jumlah hari, bulan dan tahun dipergunakan sebagai sarana membuat laporan posisi keuangan. Pengertian wesel berbunga adalah wesel yang memiliki nilai bunga tercantum dalam surat wesel bayar dan wesel tagih yang dibawa oleh pemegang saham.

Piutang wesel bayar dan wesel tagih timbul ketika entitas melakukan transaksi penjualan, pemberian pinjaman uang dan perubahan piutang menjadi piutang lainnya. Wesel merupakan surat perintah untuk membayarkan tagihan selama jangka waktu tertentu dengan akseptasi dan kepentingan dua belah pihak.

Cara Menghitung Bunga Wesel dan Jangka Waktu Piutang Wesel


Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Tanpa Bunga

Contoh soal piutang wesel berbunga dan tanpa bunga akan diakui sebagai aktiva lancar. Aktiva lancar adalah kekayaan perusahaan yang dapat dicairkan tanpa mengurangi nilainya. Wesel bayar dan wesel tagih memiliki kekuatan hukum untuk menerima pembayaran dalam waktu yang tercantum pada surat wesel.

Kelebihan piutang wesel daripada piutang dagang adalah pemberi hutang dapat memperoleh kepastian tentang pembayaran hutang yang telah dijanjikan. Wesel bayar dan wesel tagih dapat dipindahtangankan agar dapat memperoleh kas dan setara kas lebih cepat daripada menunggu pendapatan bunga wesel.

Contoh soal dan jawaban piutang wesel berbunga terjadi pada CV Staff Accounting yang menerima wesel tagih sebesar Rp 48.560.000. Nilai wesel bunga yang tercantum adalah 6% per annual. Apabila jangka waktu pembayaran wesel bunga adalah 90 hari dari tanggal 5 januari 2021. Berapa bunga yang didapatkan perusahaan?

Baca Juga: Langkah-Langkah Rekonsiliasi Bank

Cara Menghitung Jangka Waktu Piutang Wesel Bunga

Cara menghitung jangka waktu piutang wesel bunga dan wesel tanpa bunga harus ditentukan berdasarkan waktu pengakuan, penilaian dan pembayaran piutang wesel. Waktu jatuh tempo wesel dapat ditentukan berdasarkan penagihan, tanggal kesepakatan dan akhir periode tertentu.

Rumus perhitungan bunga wesel yang dinyatakan dalam satuan hari, bulan dan tahun berlaku karena bunga yang tercantum pada surat wesel adalah per tahun. Nilai nominal wesel adalah nilai rupiah yang tercatat dalam surat perintah pembayaran hutang yang diterbitkan oleh lawan transaksi.

Akun wesel tagih terdapat pada aktiva lancar. Akun wesel bayar terdapat pada liabilitas lancar. Laporan posisi keuangan harus mempertimbangkan seluruh kekayaan perusahaan yang dilaporkan untuk membayar pajak penghasilan tahunan badan. Cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel bayar adalah:

Tanggal Wesel05/01/2021
Jatuh tempo
- Januari31/01/202126 hari
- Februari28/02/202128 hari
- Maret31/03/202131 hari
- April05/04/20215 hari

Baca Juga: Contoh Soal PPn Masukan dan PPn Keluaran

Bagaimana Cara Menghitung Bunga Wesel Bayar dan Tagih

Bagaimana cara menghitung bunga wesel bayar dan tagih bergantung kesepakatan para pihak. Bunga wesel diakui sebagai pendapatan bunga dan terutang pajak penghasilan badan. Bunga wesel dapat diakui sebagai pengurang penghasilan kena pajak sehingga laba ditahan dilaporkan lebih sedikit.

Rumus menghitung bunga pada wesel berbunga dalah nilai nominal wesel dibandingkan tingkat bunga yang didapatkan per tahun. Catatan akuntansi untuk wesel tanpa bunga tidak akan memperhitungkan bunga yang didapatkan karena nilai nominal wesel akan berbeda pada akhir bulannya.

Bagaimana cara menghitung jumlah wesel tagih dan wesel bayar adalah berdasarkan laporan posisi keuangan yang diterbitkan perusahaan. Akun wesel tagih terdapat pada rekening aktiva yaitu total kekayaan perusahaan yang bersumber dari pemilik modal atau hutang.

Adapun perhitungan bunga wesel yang ditanggung perusahaan selama masa perpanjangan jangka waktu pembayaran tagihan adalah

Bunga = Rp 48.560.000  x 90/360 x 6%
Bunga = Rp Rp728.400

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang

Demikian cara menghitung bunga wesel dan jangka waktu piutang wesel akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Pendapatan bunga dan beban bunga akan mempengaruhi jumlah laba rugi yang dilaporkan perusahaan kepada negara dalam bentuk spt tahunan badan.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Bunga Wesel dan Jangka Waktu Piutang Wesel"