Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Piutang Dagang dan Cara Menghitung Piutang Wesel

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang dagang dan cara menghitung piutang wesel merupakan komponen informasi keuangan di perusahaan. Setiap entitas berjuang untuk menyelenggarakan promosi agar pelanggan mau membeli barang dan jasa yang dimilikinya. Kegiatan promosi dapat terjadi dengan kesepakatan direktur keuangan.

Bagaimana cara menghitung piutang dagang dan membuat jurnal pelunasan piutang dapat terjadi saat perusahaan menyelenggarakan kegiatan bisnis. Keseluruhan transaksi keuangan dipertimbangkan sebagai komponen informasi perpajakan guna menghindari adanya ketidaksesuaian antara pencatatan dengan bisnis transaksi.

Contoh soal piutang dagang dan piutang wesel menjadi komponen materi ulangan akhir semester akuntansi keuangan menengah. Soal essay dan pilihan ganda menjadi pedoman penentuan kualitas perhitungan bunga obligasi atau surat hutang yang dibebankan kepada pelanggan atas ketidaktepatan waktu pembayaran.

Contoh Soal Piutang Dagang dan Cara Menghitung Piutang Wesel

Kapan Piutang Dagang Diakui dan Dicatat

Contoh soal piutang dagang dan cara menghitung piutang wesel menjadi informasi pembaruan atas kinerja keuangan perusahaan. Kapan piutang dagang diakui dan dicatat sesuai keperluan informasi perusahaan. Piutang tak tertagih menandakan entitas harus mendatangi pelanggan untuk mendapatkan arus kas masuknya.

Kapan piutang dagang diakui yaitu pada saat entitas telah mengalihkan hak milik dan hak manfaat selama kegiatan jual beli. Pencatatan pengakuan piutang terjadi saat perusahaan mencetak atau membuat surat tagihan. Invoice dan faktur pajak adalah dokumen pendukung transaksi penjualan sesuai nilai yang disepakati.

Kapan piutang dagang diakui dan dicatat sesuai standar akuntansi keuangan bertujuan agar entitas tidak mengalami keterlambatan pencatatan tagihan. Hutang dagang dan piutang dagang akan memerlukan modal kerja yang besar terutama ketika entitas menerapkan kebijakan penjualan kredit.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi

Penyebab Munculnya Piutang Dagang di Laporan Keuangan

Apa yang menjadi penyebab munculnya piutang dagang di laporan keuangan adalah penerapan kebijakan penjualan kredit di perusahaan. Jurnal pembelian dan jurnal penjualan adalah transaksi rutin yang terjadi di perusahaan sehingga entitas harus mempersiapkan dana yang cukup sesuai kebutuhan perusahaan.

Cara menghitung piutang dagang diawali dengan adanya ketidaksesuaian antara prosedur pencatatan tagihan perusahaan. Piutang wesel adalah janji pelanggan untuk membayarkan invoice yang jatuh tempo pada waktu yang diinginkannya disertai adanya pemberian bunga wesel sesuai nilai nominal tagihannya.

Bagaimana proses terjadinya piutang dagang di laporan keuangan terjadi ketika pelanggan memiliki riwayat transaksi pembayaran yang baik. Hubungan istimewa antara distributor dan perusahaan mengakibatkan entitas akan mengakomodasi kebutuhan perusahaan sesuai nilai barang yang diinginkannya.

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Penjualan di Accurate

Contoh Soal Piutang Dagang dalam Akuntansi Keuangan Menengah

Contoh soal piutang dagang dalam akuntansi keuangan menengah menjadi dasar bagi entitas untuk menterjemahkan keinginnya menguasai pasar penjualan barang. Pangsa pasar adalah wilayah kekuasaan penjualan dan peminatan barang yang akan dibeli oleh konsumen akhir sesuai ekspektasi perpajakan.

Contoh jurnal piutang dagang terdiri dari jurnal pengakuan piutang, jurnal pelunasan piutang dan jurnal pemberian diskon atas ketepatan waktu pembayaran. Seluruh kekayaan perusahaan harus diaplikasikan berdasarkan keinginan dari pemegang saham untuk mendatangkan gaji dan upah bagi karyawan.

Contoh soal piutang dagang dan piutang wesel terjadi ketika CV Staff Accounting menyetujui penjualan kredit atas penyerahan jasa perbaikan kendaraan senilai Rp 2.000.000. Pelanggan akan membayarkan segera setelah invoice diterima. Bagaimana cara menghitung total piutang yang harus ditagihkan oleh perusahaan tersebut?

Jurnal Pencatatan Piutang Dagang

Tanggal Keterangan Debit Kredit
02/03/2023Piutang Dagang Rp2.220.000
Pendapatan Lain-lain Rp2.000.000
PPN Keluaran Rp220.000

Jurnal Pelunasan Piutang Dagang

Tanggal Keterangan Debit Kredit
17/03/2023Kas Rp2.180.000
PPh Pasal 23 Dibayar Dimuka Rp40.000
Piutang Dagang Rp2.220.000

Baca Juga: Contoh Flow Chart Sistem Informasi Piutang Usaha

Demikian contoh soal piutang dagang dan cara menghitung piutang wesel yang harus ditagihkan ke pelanggan. Soal essay dan pilihan ganda piutang wesel diharapkan mampu memberikan kepastian tentang jumlah tagihan yang ditetapkan oleh lawan transaksi. Ketidaksesuaian antara penagihan dan uang masuk berakibat pada penurunan tagihannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Piutang Dagang dan Cara Menghitung Piutang Wesel"